Pesta Durian “Sri Pudang”

KAJEN, Mediajateng.net – Suasana meriah nampak di Desa Rogoselo, Kecamatan Doro. Kabupaten Pekalongan. Tampak ribuan masyarakat berbondong-bondong menuju tempat hajat diadakannya tasyakuran durian petani desa “Sri Pudang” atau Sidoharjo, Rogoselo, Pungangan dan Pedawang, Kecamatan Doro, Kabupaten Pekalongan, belum lama ini.

Sedangkan acara diawali dengan iring-iringan berupa tumpengan duren yang diikuti para petani dengan diawali secara simbolis penyerahan hasil bumi oleh orang tertua di Desa Rogoselo kepada Wakil Bupati Pekalongan Fadia Arafiq SE, MM didampingi oleh Sekretaris Daerah Dra. Mukaromah Syakoer, MM dan perwakilan Forum FKPD sebagai simbol pengabdian masyarakat kepada pemimpinnya.

Ketua Panitia Penyelenggara Budi Santoso, menyampaikan kegiatan ini adalah sebagai rasa syukur petani durian kepada Alloh SWT yang telah memberikan panen durian yang melimpah di desa yang tergabung dalam “Sripudang “. Syukuran petani durian terhadap panen yang melimpah diaplikasikan dalam bentuk membagikan durian gratis dan menggelar hiburan kesenian rakyat.

”Sejak pintu masuk desa Rogoselo hingga sepanjang jalan berbagai atraksi seni rakyat digelar seperti orkes melayu, atraksi Seni Sirkus Kuntulan dan Kuda Kepang,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Desa Rogoselo Saronto, menyampaikan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah membantu terselenggaranya acara ini dan berharap tahun depan dapat menggelar dengan lebih baik. Ia berjanji jika pada tahun ini para petani membagikan 2016 gratis tahun depan akan ditambah lagi.

“Saya berjanji jika tahun depan panen durian melimpah mencapai 60 persen dari jumlah pohon, panitia akan menyediakan durian gratis hingga 5000 butir. Kami mohon dukugan dan doa serta tertib dalam pelaksanaan pembagian agar cita cita tersebut dapat terwujud,” imbuhnya.(MJ 690)

Comments are closed.