Pengidap kanker di kota Semarang termasuk tinggi

Semarang,MediaJateng – Dari data yang ada di RS Tlogorejo Semarang, setiap bulannya tercatat ada sekitar 200 penderita kanker menjalani pengobatan diantaranya rawat inap ataupun kemoterapi. ” per hari sedikitnya 6 orang yang menjalani perawatan, belum termasuk yang rawat inap,” ujar Arif Setiawan, staf Humas Rumah Sakit (RS) Telogorejo Semarang.

Mayoritas pasien yang dirawat adalah pengidap penyakit kanker payudara, kanker darah dan kanker getah bening. ” Penyakit ini bisa diobati, namun butuh waktu lama. Sehingga harus diberi motivasi  dan pengetahuan yang benar tentang kanker  agar seluruh masyarakat mendapat penanganan kanker yang tepat dan komprehensif,” ujarnya.

‪Terpisah Ketua CISC Suluh Hati Semarang, Cahyaning Puji Astuti  mengatakan jika kanker biasanya disebabkan oleh pengaruh radikal bebas atau kersinogenik. ” Selain itu kanker juga disebabkan pengaruh gaya hidup yang negatif seperti merokok,dan mengkonsumsi menuman keras,” terangnya.

Data yang dimiliki  CISC, di tahun 2016, jumlah penderita kanker di seluruh dunia terus meningkat, ada  sekitar 8.2 juta manusia meninggal akibat kanker setiap tahunnya. ” Empat juta nya meninggal prematur dengan usia 30 sampai 69 tahun,” tutupnya.(M.J069)

Comments are closed.