Pembangunan Daerah Harus Seirama dengan Pusat

SEMARANG, Mediajateng.net – Arah pembangunan daerah harus selaras dengan arah kebijakan pembangunan nasional. Hal tersebut sekaligus juga menekankan agar hierarki yuridis kekuasaan negara ini tetap kuat.
Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Agus Hermanto dalam gelar pendapat ”Penjabaran Perencanaan Pembangunan Nasional dengan Semangat GBHN” di Balai RW 04 Kelurahan Mugas Sari Semarang baru-baru ini menekankan pentingnya penyatuan misi pembangunan daerah sampai pusat. ”Strategi penyusunan perencanaan tersebut juga harus memuat perencanaan semestinya sesuai Garis-garis Besar Haluan Negara (GBHN). Rumusan-rumusan yang dirancang pun lahir dari sebuah paradigma pembangunan yang bersifat ideal.
Menurutnya, Indonesia adalah negara hukum yang harus menyelenggarakan kekuasaan berdasarkan norma-norma yuridis agar tidak terjadi kesewenang-wenangan atas kekuasaan. Karena itu, pelaksanaan pembangunan nasional di segala bidang menjadi upaya pemerintah mencapai ideal negara. ”Hal tersebut harus dilakukan berdasarkan kesadaran dan kerangka dalam sebuah hukum yang terformat dengan UUD 1945 sebagai acuan dasar yang tinggi,” jelasnya. (MJ-058)

Comments are closed.