Ngeluruk Ke Kudus, Forum UKM Jawa tengah Meminta Musthofa Jadi Pembina

KUDUS,Mediajateng.net-Perkembangan usaha kecil dan mikro (UKM) di Kudus begitu pesat. Ini tak lepas dari peran pemkab kudus yang intens memberikan bekal pelatihan keterampilan secara gratis serta pembinaan dan bantuan permodalan untuk peningkatan produktivitas usaha.

Peran pemkab ini digagas oleh Bupati Kudus H. Musthofa yang sejak dilantik pada tahun 2008 lalu mengutamakan pemberdayaan ekonomi kerakyatan. Karena menurutnya, kekuatan ekonomi sebenarnya berada di pundak para pelaku usaha mikro kecil ini.

Melihat prestasinya di Kudus, Forum UKM Jawa Tengah (Jateng) meminta H. Musthofa untuk bersedia menjadi pembina forum yang beranggotakan kepengurusan dari 35 kabupaten/kota itu. Tujuannya, mereka ingin bukan hanya di Kudus saja yang UKM-nya bisa maju, namun seluruh Jawa Tengah bisa merasakan hal serupa.

Hal ini disampaikan ketua forum Suharjo saat mengadakan silaturahmi Forum UKM Jateng dengan Bupati Kudus di Pendopo Kabupaten Kudus, Selasa (16/2). maksud kedatangan mereka ke Kota Kretek ini ingin memohon petunjuk dan arahan untuk pengembangan usaha mikro kecil yang lebih baik dan berkembang ke depan.

Saat memberi pengarahan,Musthofa membeberkan pengembangan dalam berwirausaha. Pertama, mereka harus berpikir liar .”Silakan berkreasi dan inovasi secara liar. Asalkan jangan melanggar aturan dan regulasi yang ada, dan bersainglah secara sehat,” pesan bupati di hadapan lebih dari 100 orang peserta forum.

Dengan persentase pelaku usaha mikro sebanyak 98,77 persen dari total pelaku usaha yang ada di Jawa Tengah, menurutnya ini merupakan penopang kekuatan ekonomi nasional. Untuk dirinya memberikan penegasan agar forum ini bisa menjadi pioneer dalam pemberdayaan ekonomi kerakyatan.

Menyinggung mengenai kredit usaha produktif (KUP), bupati yang juga sebagai inisiator KUP mengatakan pentingnya peran forum UKM dalam penyaluran kredit tanpa agunan ini. Nantinya pengurus forum UKM diposisikan sebagai pendamping wirausaha yang akan memberikan pendampingan dan pembinaan seluruh pelaku UKM penerima kredit dengan bunga ringan ini.
”Forum UKM ini harus serius dalam mengelola seluruh UKM di masing-masing kabupaten/kota. Jangan hanya papan nama saja yang terpampang. Agar UKM di Jateng ini benar-benar bisa maju dan berkembang,” pungkasnya.(M.J080)

Comments are closed.