Minimarket Harus Pasarkan Produk UMKM Lokal

KUDUS,Mediajateng.net-Bupati Kudus H. Musthofa kembali menunjukkan keberpihakannya pada para pedagang kecil di Kudus. Dirinya benar-benar ingin memperkuat ekonomi kerakyatan di Kudus. Salah satunya dengan peningkatan pendapatan para pedagang kecil. Apalagi yang bersebelahan dengan mini market yang kini marak keberadaannya.

Bahkan dengan tegas dirinya berpesan agar mini market yang ada di Kudus bisa bersinergi dengan para pedagang kelontong di sekelilingnya. Karena baginya saudara yang terdekat adalah tetangganya. Jadi keberadaannya harus bisa memberikan efek positif, bukan malah ’mematikan’ keberadaan pedagang kelontong itu.

”Yen isih pajar, ojo dibuka disik (jika masih terlalu pagi, jangan dibuka dulu, red). Ikuti aturan dan ketentuan yang ada,” pesan bupati saat memberikan sambutan arahan pada pelatihan manajemen ritel bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang diselenggarakan salah satu jaringan minimarket di Pendopo Kabupaten Kudus, Kamis (18/2).

Lebih lanjut bupati meminta pada minimarket tersebut agar bisa ikut menjual produk lokal UMKM asal Kudus. Tentunya yang memiliki standar kualitas yang bagus. Sehingga mini market tersebut memiliki peran nyata bagi bangkitnya UMKM di Kudus yang imbasnya membantu meningkatkan produktivitas/pendapatan masyarakat dalam berwirausaha.

”Bantulah saudara-saudara kami yang berjualan. Semuanya harus berdampingan (dengan mini market) untuk bisa memberikan pelayanan terbaik bagi pembeli,” imbuhnya.

Di akhir arahannya, bupati ingin minimarket ini bisa benar-benar menjadi bapak asuh bagi pedagang. Artinya harus bisa memberikan peran untuk membantu dalam penjualan. Termasuk pelatihan manajemen ini bagus. Dan menurut bupati yang sudah memasuki tahun ke delapan ini meminta jangan hanya kali ini saja diadakan.(M.J080)

Comments are closed.