Kota di Kalimantan pun penasaran dengan kesuksesan Kudus

KUDUS,Mediajateng.net- Tidak hanya tetangga satu provinsi yang tertarik dengan program program andalan Pemkab Kudus. Selasa (15/3) Wakil Walikota Banjar Baru Kalimantan Selatan, Darmawan Jaya Setiawan beserta sejumlah pejabat SKPD Banjar Baru datang ke Kudus. Mereka penasaran dengan keberhasilan di Kudus dan ingin mendengar langsung dari sang inisiator.

Dalam Sambutannya, Bupati Kudus memaparkan dengan gamblang semua program dan ide kreatif yang digagasnya untuk masyarakat. Utamanya adalah adanya program kredit usaha produktif (KUP). Keistimewaannya adalah, Kredit ini mampu meningkatkan produktivitas pelaku usaha kecil mikro dengan bunga ringan, bebas biaya administrasi dan tanpa agunan.

”Ini merupakan wujud tanggung jawab kami terhadap masyarakat. Selain berbagai program lain yang tentunya sangat menarik,” jelas Musthofa.

Selain itu, Masyarakat Kudus juga mendapatkan kesempatan mendapatkan layanan kesehatan secara gratis. Dengan anggaran ratusan miliar yang dialokasikan ke puskesmas dan rumah sakit diluar kerja sama dengan BPJS, masyarakat dilayani di puskesmas tanpa biaya. Juga di kelas III rumah sakit dibebaskan bagi warga Kudus.

”Hanya dengan menunjukkan KTP, warga Kudus berhak mendapatkan ini (pelayanan kesehatan, red) semua,” imbuhnya.

Yang lebih menarik lagi, pemkab Kudus mampu menggandeng perusahaan swasta sebagai upaya pemberdayaan untuk mendirikan sekolah unggulan dengan keahlian khusus. Ada 12 SMK yang kini telah mendapatkan bantuan itu. Di antaranya bidang kuliner, pelayaran, fashion, komputer dan jaringan, tata kecantikan, engineering, dan yang terbaru adalah sekolah animasi.

”Semua yang kami dapat, diantaranya fasilitas dan pelatihan untuk guru, kami peroleh tanpa biaya APBD satu rupiah pun. Bahkan anak-anak lulusan SMK ini telah habis di-booking di dunia kerja,” pungkasnya(MJ.1)

Comments are closed.