Jamaah Shalat Gerhana Matahari MAJT Lampaui Jumlah Jamaah Shalat Ied

SEMARANG,Mediajateng.net – Jumlah jamaah shalat Gerhana di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT), Rabu (9/3) kemarin tembus 30 ribu orang. Angka itu sedikit lebih tinggi dari jumlah jamaah ketika shalat Idul Fitri atau Idul Adha.

Dari pantauan Mediajateng.net memang tidak sedikit Kendaraan dari luar Kota Semarang yang berbondong-bondong memenuhi MAJT. Lahan parkir, terutama kendaraan roda dua, tidak cukup menampung jumlah yang masuk.

Menurut Ketua Badan Pengelola MAJT, Noor Achmad, Jamaah shalat gerhana itu terdiri dari berbagai elemen. “Kebetulan ada acara Musda Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jateng. Jadi seluruh ketua majelis ualama dan pimpinan organisasi masyarakat (ormas) Islam se-Jateng hadir di sini. Bahkan Wakil Gubernur Jateng juga hadir,” paparnya.

Tingginya jumlah jamaah ini, menurut Noor Achmad, adalah tanda bahwa bagi masyarakat gerhana matahari tidak hanya sebatas tontonan, tapi juga momentum untuk introspeksi dari sudut pandang religi.

Sementara itu, ketika ditemui usai melakukan shalat gerhana berjamaah, Wakil Gubernur Jateng, Heru Sudjatmoko menuturkan hal yang tidak jauh dari pendapat Noor Achmad. Menurutnya, saat matahari ditutup sementara oleh Allah, manusia senantiasa diingatkan kebesaran-Nya.

“Betapa kecilnya manusia di hadapan Allah. Dengan merasa kecil, rasanya kita semua tidak punya hak sedikit pun untuk menyombongkan diri. Tidak sekali-sekali merasa kuat, kecuali atas pertolongan-Nya,” ucapnya.

Heru berpendapat, terjadinya gerhana matahari total yang hanya bisa disaksikan di berbagai wilayah di Indonesia, bukan kebetulan. Sebab, pasti Allah sudah mengaturnya agar melintas di negeri yang jumlah umat muslimnya terbesar di dunia, yang Islamnya moderat, serta mengedepankan persaudaraan dan kasih sayang.

Namun, tidak semua warga datang ke MAJT untuk mengikuti shalat gerhana. Banyak juga pengunjung datang untuk sekadar ‘numpang’ nonton bareng (nobar) fenomena langka gerhana matahari yang memang digelar pihak MAJT.(MJ.69)

Comments are closed.