Jaga Keaslian, ASEPHI Luncurkan Hologram Batik

PEKALONGAN, Mediajateng.net – Asosiasi Importir Handycraft Indonesia (ASEPHI) Pekalongan melaunching penggunaan stiker hologram batik untuk meningkatkan kualitas peserta pameran Inacraft di hotel Santika, Selasa (12/4) malam.
Ketua ASEPHI Kota Pekalongan HM Romi Oktabirawa mengatakan tujuan penggunaan hologram ini adalah untuk menggaransi keaslian batik sesuai dengan penghargaan UNESCO terhadap batik, karena batik adalah proses bukan motif.
“Tujuan utama hologram ini adalah untuk mengedukasi kepada masyarakat jika batik itu adalah proses, bukan sebuah motif,” terang Romi
Romi menjelaskan ada tiga macam batik antara lain batik tulis, batik cap dan batik kombinasi tulis dan cap, selain tiga macam itu bukan disebut batik melainkan tekstil.
“Produsen juga harus ikut mengedukasi kepada konsumen, mereka harus jujur mengatakan mana batik dan mana printing,” tegasnya.
Sementara Wakil Walikota Pekalongan Saelani Mahfudz sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh ASEPHI. Dengan hologram ini diharapkan masyarakat luas bisa membedakan mana batik dan mana tekstil.
“Ini salah satu terobosan bagus, karena selama ini.masyarakat tahunya batik adalah motif padahal batik adalah proses,” katanya.
Saelani berharap agar penggunaan hologram ini bisa diterapkan kepada semua perajin batik sehingga masyarakat khususnya luar daerah nantinya bisa mengetahui antara batik dan printing. (MJ-16)

Comments are closed.