IPA Pramuka,Solusi Untuk Cukupi Air Kawasan Semarang Atas

SEMARANG,Mediajateng.net- Direktur Utama PDAM Tirta Moedal Kota Semarang, Etty Laksmiwati dalam rilisnya Rabu (30/3) mengungkapkan, pembangunan instalasi pengolahan air (IPA) di kawasan atas diharapkan bisa menjadi salah satu solusi untuk mencukupi suplai kebutuhan air PDAM bagi warga yang tinggal di kawasan atas Kota Semarang.

Untuk itu, pembangunan instalasi pengolahan air (IPA) yang berada di kawasan tinggi seperti jalan Pramuka yang berlokasi di perbatasan Kota Semarang dengan Kabupaten Semarang, diharapkan bisa segera direalisasikan oleh pemerintah provinsi.

“Kami menargetkan akan akan ada tambahan jumlah pasokan air sebanyak 235 liter per detik jika IPA tersebut selesai dibangun. Untuk meningkatkan pelayanan terkait pasokan air, saya berharap banyak kepada pemerintah melalui PDAB Pemprov Jateng untuk dapat mempercepat proyek pembangun IPA Pramuka,” ungkap Etty.

Lokasi pengolahan air di titik tertinggi Kota Semarang itu, diharapkan mampu menjadi sarana untuk memenuhi kebutuhan air kawasan atas yang selama ini tidak bisa dijangkau suplai air yang memang lebih banyak dibangun di kawasan bawah kota Semarang.

Sebut saja, salah satu andalan untuk mensuplai air yakni keberadaan IPA Kudu, saat ini belum bisa maksimal untuk bisa melayani kawasan atas karena dalam distribusinya tidak bisa mengandalkan gravitasi. “Harapannya bisa dimulai tahun ini, mengingat kebutuhan air di wilayah Semarang atas atau Cabang Selatan sudah cukup kritis dan tidak bisa dipenuhi dari IPA Kaligarang maupun IPA Kudu yang posisinya ada di Semarang bawah,” tuturnya.

Dengan posisi kontur tanah jauh lebih tinggi, tentu pelaksanaan suplai air harus mengandalkan mesin pompa. Namun, dengan jarak ditambah posisi perbedaan ketinggian yang sangat terjal menyulitkan pendistribusian air. Di sisi kualitas air, PDAM Kota Semarang selama ini menggandeng Dinas Kesehatan Kota Semarang untuk pemantauan sampling air PDAM di tingkat pelanggan.

“Untuk lebih memaksimalkan kegiatan itu, PDAM akan mengoperasikan mobil laboratorium keliling pada pertengahan tahun ini. Mobil, diharapkan bisa langsung menindaklanjuti komplain dengan mendatangi lokasi pelanggan dan melakukan test ditempat,” tambahnya.(MJ.070)

Comments are closed.