Industri tekstil Kembali Tumbuh

Semarang,MediaJateng.net – Sempat lesu tahun lalu, tahun ini industri tekstil kembali menggeliat. Pengembangan pasar menjadi faktor tumbuhnya sektor ini di tahun ini.

Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Jawa Tengah Dedi Mulyadi Ali mengatakan jika khusus sektor tekstil tahun 2016 banyak bermain dalam produk terbatas dengan harga yang relatif lebih tinggi. ”
Beberapa merek ternama dengan produk terbatas menjadi pasar yang cukup potensial untuk industri ini,” katanya kemarin.

Walaupun memiliki detail dan kwalitas pengerjaan lebih rumit, harga yang dibandrol tentu lebih tinggi dari pada produk yang dibuat secara masal yang marginnya sedikit dan tidak kompetitif. ” Peluang produk terbatas peluangnya lebih besar, meskipun produksi tidak terlalu besar, namun harga cukup bagus atau cukup tinggi walaupun produknya dibuat tidak banyak,” bebernya.

Produk jenis terbatas sangat diminati oleh beberapa negara yang menjadi sasaran ekspor. Sebut saja seperti New Zealand, dan negara di Eropa lainnya. ” Beberapa brand khusus mulai dipesan oleh negara di Eropa, dulu jarang sekali ada yang pesan. Tapi saat ini banyak produk kita yang masuk ke pasar Eropa,” jelasnya.

Dirinya mengaku optimis jika tahun ini industri tekstil akan lebih baik hingga akhir tahun. Walaupun cerah, ada kendala yang harus dihadapi salah satunya adalah sektor sumber daya manusia (SDM) yang masih sulit. ” Tenaga kerja terampil masih sangat sulit, ” ungkapnya.(MJ.069)

Comments are closed.