Gerindra Berantas Nyamuk Dewasa, Warga Cegah Jentik dan Telur

SEMARANG, Mediajateng.net – Bangun kepedulian dibidang kesehatan, Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Gerindra gelar penyemprotan nyamuk demam berdarah (BDB) di sejumlah wilayah di Kelurahan Manyaran, Kota Semarang, Sabtu (27/2). Sedangkan pemberantasan perkembangbiakan nyamuk dewasa dengan cara fogging diharapkan mampu menekan penyebaran penyakit yang disebar melalui gigitan nyamuk tersebut. Sebagaimana diungkapkan Ketua DPC Gerindra Kota Semarang, Sigit Ibnugroho.

“Fogging dilakukan atas permintaan warga yang khawatir kemungkinan munculnya nyamuk demam berdarah di wilayahnya. Selain itu ada permintaan dari warga ke DPC Gerindra dan ditindaklanjuti dengan penyemprotan lingkungan,” jelasnya.
Meski demikian, lanjutnya, kepedulian warga sangat diperlukan dalam meminimalisasi makin bertambahnya korban berjatuhan. Karenanya, DPC Gerindra melakukan fogging di RW 1, Kelurahan Manyaran, Sabtu (27/2). Sehingga dengan matinya nyamuk dewasa, diharapkan tidak ada warga yang sakit karena tergigit nyamuk.

“Kami harapkan gerakan ingin ikut membantu memberantas nyamuk Aedes Aegypti yang menjadi penyebar DBD. Sedangkan penyemprotan dilakukan di 350 rumah warga yang ada di 3 RT di wilayah RW 1 Kelurahan Manyaran,” tambahnya.
Dengan langkah sigap Partai Gerindra, Sumarno Ketua RT 7 RW 1, Kelurahan Manyaran, mengaku bisa lebih tenang. Pasalnya, selama ini langkah pencegahan dengan melakukan 3 M yakni menguras, menutup dan mengubur sampah yang berpotensi menjadi sarang nyamuk hanya bisa memberantas telur dan jentik nyamuk.

“Jentik sudah diberantas dengan 3M, tapi nyamuk dewasanya tidak tersentuh. Adanya penyemprotan diharapkan bisa membunuh nyamuk dewasa sehingga perlawanan terhadap DBD sempurna dilakukan,” ungkapnya.

Sinergitas warga, partai dan pemerintah diharapkan bisa membuat nyamuk tidak berkembang dan tidak ada anak yang terkena DB. “Jadi, nyamuk yang dewasa di berantas partai, yang masih telur diberantas warga sendiri. Moga aja tidak ada warga yang terjangkit,” tegasnya. (MJ.070)

Comments are closed.