Dewan Pers Meminta Wartawan Harus Lebih Seperti Ini

SEMARANG,Mediajateng.net-Perkembangan teknologi dan informasi secara tidak langsung akan memaksa kita untuk beradaptasi. Tidak terkecuali bagi para wartawan, terutama wartawan televisi.

Anggota Dewan Pers, Imam Wahyudi menyatakan bahwa saat ini wartawan harus mampu untuk melakukan berbagai hal dan beradaptasi dengan teknologi dan informasi. Diantaranya harus mengerti berbagai macam platform media.

“Saat ini wartawan atau jurnalis harus mampu dalam segala hal. Bahkan dengan alat seminim mungkin, dengan gadget yang kita punya, kita harus bisa memotret, merekam audio, dan merekam video,” katanya saat diskusi dengan jurnalis televisi,, akademisi, serta mahasiswa yang digelar IJTI (Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia) Jateng, bersama Dewan Pers di TVKU Semarang, Jumat (11/3/2016)

Dengan memahami segala platform tersebut, diharapkan setidaknya wartawan atau jurnalis, terutama yang berada di daerah bisa mandiri dan tidak lagi tergantung dengan industri media. Sebab, selama ini masih banyak wartawan yang menggantungkan diri pada industri media. Industri media pun saat ini justru pasang surut, terutama pada saat kondisi perekonomian Indonesia yang tidak stabil.

“Dengan begitu, akan terlatih dan mengembangkan skill atau kemampuan diri dari jurnalis. Mereka bisa berkarya. Bahkan bisa terjun di pasar internasional, pasar yang selama ini belum terjamah,” imbuh Imam.

Imam mencontohkan dengan memperbanyak footage atau video khas dari Indonesia, yang di unggah atau di upload di internet, baik melalui Youtube atau penyedia stock video, maka akan mampu dan bisa menambah penghasilan secara terhormat.

Pada diskusi ini, turut dihadiri Direktur TVKU Semarang, Guruh Fajar S serta Ketua IJTI Jateng, Teguh Hadi Prayitno, beserta pengurus dan anggotanya. Selain itu juga hadir dari kalangan akademisi dari Universitas Dian Nuswantoro Semarang, Universitas Diponegoro Semarang, dan Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

Menindaklanjuti hal tersebut, IJTI Jateng akan menggelar workshop untuk penguatan kemampuan skill para wartawan atau jurnalis televisi di Jawa Tengah, agar bisa lebih mandiri dan berkarya lebih baik.

“Kita akan gelar workshop dan Uji Kompetensi yang memang tujuannya agar wartawan televisi di daerah mempunyai nilai lebih,” ungkap Teguh(MJ.1)

Comments are closed.