Bupati Batang Tularkan Ilmu Hemat LPJU

BATANG, Mediajateng.net – Keberhasilan Pemerintah Daerah Kabupaten Batang, dalam melakukan penghematan pemakaian Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) menjadikan Bupati Batang Yoyok Riyo Sudibyo, menularkan ilmunya pada pemerintah daerah sekitarnya. Apalagi selama ini masalah tagihan LPJU selalu mengalami kenaikan meski demikian tidak jelas ukurannya, maka Pemkab Batang, melakukan upaya penghematan dengan mengganti lampu dengan teknologi LED yang lebih hemat energi dan pemasangan meterisasi LPJU. Sebagaimana Bupati Batang Yoyok Riyo Sudibyo, saat memaparkan langkah penghematan yang dilakukan dihadapan bupati dan walikota se eks Karisidenan Pekalongan dan Banyumas, kemarin.

“Kami sudah membuktikan selama tiga tahun mampu menghemat sekitar 41 persen. Kami ingin berbagi dengan daerah lain agar bisa melakukan penghematan LPJU yang bekerjasama dengan pihak PLN,” jelasnya.

Ditambahkannya, upaya yang dilakukan dengan cara perbaikan administrasi di daerah maupun di PLN, dikarenakan masih banyak LPJU yang belum menggunakan meterisasi dan merubah tata kelola PLN. Apalagi banyak LPJU yang tidak terdata secara resmi hingga menimbulkan beban bagi pemda.

“Kami akui sudah mencoba bekerjasama dengan pihak PLN agar tagihan dapat dihemat sesuai dengan pemakaian. Kami melakukan dengan langkah – langkah Survey & Pendataan LPJ, Tata Ulang dan Meterisasi, Ganti LPJU dengan LED, Monitoring dan Kontrol dan ahsilnya cukup mengehamat ratusan juta perbulan,” tandasnya.

Terpisah, Kepala PLN Area Pekalongan Djoko Tri mengatakan, pihaknya sangat mendukung upaya yang dilakukan Pemkab Batang, dalam rangka penghematan pemakaian LPJU. Selain itu, dengan penghematan energi listrik tersebut maka PLN akan memiliki kesempataan menjual energi listrik kepada masyrakat yang lebih luas, dan untuk penggunaan meterisasi LPJU diharapkan ada ke dua belah pihak dari PLN maupun pemkab ada transaksi yang jelas sehingga tidak ada pihak yang dirugikan baik PLN mapun Pemkab.

“Kami mendukung apa yang dilakukaan pemerintah Kabupaten Batang untuk penghematan energi listrik, dari pihak PLN akan terus melakukan upaya mendata dan memastikan LPJU betul – betul milik pemkab. Selain itu, kegiatan ini juga sudah dilakukan penghitungan baik oleh pemkab maupun PLN ada selisih penghematan,” tandasnya. (MJ.0690)

Comments are closed.