Batang Mendapat Hibah 60.000 Buku Bacaan Berjenjang

BATANG, Mediajateng – USAID PRIORITAS memberikan hibah buku bacaan berjenjang sejumlah 60.000 kepada sekolah dan madrasah di Kabupaten Batang. Buku tersebut diberikan dalam rangka untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa di kelas awal. Hal tersebut mengemuka dalam lokakarya buku bacaan berjenjang, di Aula Badan Perencanaan Pembangunan Daerah( Bappeda), belum lama ini

“Kami akui banyak anak-anak kita yang pandai dan lancar membaca. Meski demikian, dalam hal membaca pemahaman mereka kurang menguasainya,” terang Koordinator USAID PRIORITAS Provinsi Jawa Tengah Dr Nurkolis MM.

Nurkolis mencontohkan survei yang dilakukan PISA tahun 2015 tentang kemampuan membaca siswa yang dipublikasikan beberapa waktu lalu. Hasil survei tersebut menyebutkan bahwa kemampuan membaca siswa di Indonesia menduduki urutan ke 69 dari 76 negara yang di survei. Hasil tersebut lebih rendah dari Vietnam yang menduduki urutan ke 12 dari total Negara tersebut.

Rendahnya minat baca di Indonesia juga ditunjukkan berdasarkan hasil survey yang menyebutkan bahwa rata-rata orang Indonesia menonton Televisi perhari selama 300 menit. Padahal negara-negara yang memiliki kemampuan membaca tinggi, hanya menonton televisi 60 menit.

“Buku bacaan berjenjang ini akan melatih kemampuan membaca siswa sesuai dengan jenjang kemampuan siswa. Bukan jenjang kelas, apalagi umur. Fasilitator yang telah terpilih di Batang akan kami latih untuk memberikan teknik dan cara melatih yang baik pada sekolah penerima hibah. Teknis pembiayaannya kami lakukan sharing cost,” tambahnya.

Terpisah, Kepala Seksi Sekolah Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Batang Purwoto, M.Si juga mengapresiasi adanya hibah dan pelatihan buku tersebut. Beliau menambakan bahwa kemampuan membaca di kelas rendah akan menentukan kemampuan lainnya di kelas-kelas selanjutnya.

“Anak diberikan konsep penambahan baru diberikan konsep perkalian. Anak juga akan mampu menulis setelah membaca selesai. Begitu pula anak bisa berbicara kalau sudah bisa mendengarkan dengan baik. Oleh karena itu, mulai dari sekarang kita upayakan bahwa prasarat kemampuan membaca pemahaman mulai dari kelas rendah ini kita dukung. Sehingga ketika anak mampu membaca makna dan pemahaman dengan baik maka untuk selanjutnya akan mampu meraih kemampuan-kemampuan dengan lebih baik pada jenjang lebih tinggi,” tandasnya.

Hibah buku berjenjang akan diberikan kepada 100 sekolah di Batang dengan masing-masing sekolah akan menerima 600 buku. Buku tersebut terbagi dalam 6 jenjang yaitu A-F. Sekolah penerima akan menerima pelatihan cara menggunakannya. Pelatihan direncanakan pada bulan Maret 2016. Pelatihan tersebut akan diampu oleh 11 orang fasilitator buku bacaan berjenjang secara bertahap.

Dalam lokakarya tersebut disepakati kecamatan penerima buku, jumlah sekolah, waktu pelatihan, dan lokasi pendistribusian buku. Buku-buku tersebut akan dilatihkan dengan pendekatan gugus atau Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaiyah (KKM) yang terpilih. Sekolah-sekolah dalam satu gugus akan dilatih semua. Harapannya gugus/KKMI yang terpilih akan menjadi piloting untuk pengembangan kemampuan membaca siswa untuk diseminasi progam lebih luas. (MJ 69)

caption foto :

Kepala Seksi Sekolah Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Batang Purwoto, M.Si, saat memberikan sambutan terkait dengan hibah 60.000 buku bacaan berjenjang dari USAID PRIORITAS Provinsi Jawa Tengah. (M.J690)

Comments are closed.