Bagi Yang Mempunyai Buah Hati, Waspadai Penyakit Penyakit Ini Saat Musim Hujan

Semarang, MediaJateng – Curah hujan yang tinggi tidak hanya mengancam orang dewasa. Kekebalan tubuh buah hati pun ikut terancam lantaran berbagai macam virus siap menyerang, semisal flu, batuk, diare dan penyakit kulit.

dr Galuh Ramaningrum SpA dari RSUD Tugurejo Semarang, mengatakan jika saat musim hujan orang tua harus memperhatikan kesehatan sang buah hati. ” Penyakit yang menyerang buah hati biasanya terjadi karena tertular virus flu, diare dan batuk. Lebih parahnya adalah demam berdarah yang siap mengancam,” katanya.

Untuk menghindarinya wabah penyakit menyerang buah hati di musim hujan, para orang tua harus selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar termasuk lingkungan tempat tinggal (rumah). ” Salah satunya sampah, sampah dimusim hujan sering tidak terurai sehingga bisa menjadi sarana penularan penyakit melalui kuman,” jelasnya.

Selain itu juga bisa memberikan makanan tambahan yang banyak mengandung protein dan vitamin, dan menghindari berpergian jauh karena hawa dingin yang menusuk bisa menyebabkan anak terserang penyakit. ” Untuk mengantisipaisnya dipastikan anak selalu memakai pakaian yang bersih dan tebal, selain itu istirahat yang cukup juga sangat penting,” tambahnya.

Terpisah, dr Patricia Safarani Sp AM Kes dari SMC RS Telogorejo Kota Semarang menambahkan jika musim hujan juga mengancam kesehatan kulit sang buah hati. Apalagi cuaca yang lembab dan banyaknya air yang menggenang yang terkadang digunakan sebagai arena bermain.” minimal jangan lupa untuk mencuci bersih dengan air sabun bagian kulit anak yang terkena air hujan ataupun air banjir agar anak-anak tidak terkena gatal-gatal ataupun jamur kulit,” timpalnya.(M.J069)

Comments are closed.