Agus Hermanto: Bandara A Yani Selesai Januari 2018

SEMARANG,Mediajateng.net– Pembangunan bandara baru di Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang dipastikan selesai bulan Januari 2018 mendatang. Demikian disampaikan Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto saat melakukan kunjungan kerja di Semarang, Kamis (3/3). Pembangunan itu meliputi appron, terminal dan landasan pacu.

Menurutnya, pihaknya akan terus memberikan dorongan demi percepatan pembangunan bandara ini.
“Bahkan kalau mungkin, sebelum 2018 sudah dapat dioperasikan. Kami di DPR terutama Komisi V bidang perhubungan tidak akan sungkan-sungkan memberikan dorongan percepatan ini,” terangnya.
Agus menjelaskan, Bandara Ahmad Yani adalah satu-satunya bandara dengan kualitas dan performa paling buruk dibanding bandara sejenis di ibukota provinsi lain. Selain itu, bandara ini juga berada di tengah kota sehingga menyulitkan proses pengembangan.

Namun demikian, kendala pembebasan lahan saat ini sudah dapat dituntaskan usai dilakukan pembicaraan antar kementrian.“Dengan demikian tidak ada alasan untuk tidak merampungkan pembangunan bandara ini menjadi bandara bertaraf internasional,” katanya.

Sementara General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Ahmad Yani Semarang Priyo Jatmiko yang hadir pada kesempatan tersebut, mengapresiasi dukungan dan dorongan dari kalangan DPR RI. Menurutnya, pekerjaan fisik sampai saat ini sudah lebih dari progress 25 persen.

Ia berharap tidak ada kendala operasional di lapangan sehingga target penyelesaian proyek tersebut bisa sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan sejak awal. Ia juga berharap dengan selesainya pembangunan tersebut target jumlah penumpang dapat meningkat.
“Yang jelas di bandara baru kita menyiapkan parking stand yang semula hanya enam pesawat ukuran besar atau sedang dan dua pesawat kecil, ke depan bisa sampai 10 pesawat ukuran besar atau sedang dan pesawat kecil sekitar 5-6,” katanya.

Pembangunan bandara baru, imbuhnya, akan dapat meningkatkan jumlah penumpang hingga 10 ribu per hari. Saat ini, jumlah total penumpang di Bandara Ahmad Yani mencapai 5 hingga 6 ribu orang per hari.
Dan dengan adanya perluasan lahan parkir tersebut artinya pihak manajemen akan memberikan peluang market lebih besar lagi khususnya untuk Kota Semarang dan sekitarnya.(MJ.090)

Comments are closed.