Kantong-Darah

‪Penderita DBD meningkat, 100 Kantong Darah Dipesan Tiap Hari

Semarang, MediaJateng.net – Sekitar 100 kantong darah yang ada di PMI Kota Semarang,dipesan beberapa rumah sakit setiap harinya. Jumlah sebanyak itu diduga dikarenakan meningkatnya penderita Demam Berdarah Dengue (DBD).

Dokter Unit Tranfusi PMI Kota Semarang, dr Hilda Eka Yulianty mengatakan jika permintaan darah khususnya sel darah merah (Trombosit) sangatlah tinggi. Diduga karena banyaknya pasien yang terserang penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) yang dirawat dibeberapa rumah sakit.

” Biasanya permintaan sel darah merah atau trombosit hanya  60 kantong perhari, beberapa waktu terakhir  mencapai 100 kantong darah lebih permintaannya dalam sehari,” katanya. Trombosit diperlukan penderita DBD lantaran penyakit yang diakibatkan gigitan nyamuk aedes aegepty itu membuat kadar trombosit menurun drastis sehingga dibutuhkan transfusi darah. ” Walau banyak yang pesan, tapi stock masih aman,” ujarnya. Amannya stock darah lantaran tingginya jumlah pendonor yang mencapai 70 orang per hari yang datang langsung ke PMI. Belum lagi sistem jemput bola dibeberapa tempat seperti car free day atau event tertentu membuat stock darah yang ada masih mencukupi kebutuhan.” Donor darah sudah menjadi gaya hidup sekarang, apalagi manfaat bagi kesehatan sangatlah besar,” tuturnya.

Sementara itu Humas RSUD Tugurejo, Endang Dwiningsih, menuturkan, pada Januari 2016 ini ada sekitar 20 orang pasien yang dirawat karena terjangkit DBD yang didominasi oleh anak-anak. “ Ada 17 pasien anak-anak, sisanya adalah orang dewasa, kalau yang Februari belum ditotal,” tambahnya. (M.J069)

Comments are closed.