SEMARANG, Mediajateng.net – Peringatan Hari Anak Nasional yang jatuh pada tanggal 23 Juli 2018, menjadi perhatian semua kalangan, tak terkecuali PT Kereta Api Daerah Operasi 4 Semarang. Untuk memberikan kepedulian terhadap anak, operator transportasi massal ini memberikan hiburan spesial dengan kehadiran manusia robot kepada penumpang anak di Stasiun Semarang Tawang.

“Peringatan Hari Anak Nasional ini, sebagai wujud apresiasi peduli terhadap pentingnya memberikan perhatian bagi perkembangan dan pendidikan anak Indonesia. Selain itu, hal ini juga sebagai wujud terima kasih kepada para pengguna jasa setia KA  yang telah memilih kereta api sebagai moda bepergian jarak jauhnya bersama anak. Diharapkan dengan memberikan hiburan ini, bisa menjadi penggalaman spesial yang menyenangkan bagi penumpang cilik akan transportasi kereta api ,” ujar Suprapto, Manager Humas PT KAI Daop 4 Semarang.

Sebagai jasa penyedia transportasi, PT Kereta Api Indonesia telah berusaha mengutamakan keselamatan para penumpangnya, termasuk penumpang anak-anak. Hal ini terwujud dengan diterapkannya aturan tiket Rp 0 bagi penumpang anak usia 0-3 tahun yang dipangku oleh orangtua atau tidak membeli seat. Penerapan aturan ini dimaksudkan untuk menjamin asuransi perjalanan mereka.

“Jadi walaupun tidak membeli seat alias dipangku selama perjalanan dengan KA, penumpang anak tetap harus bertiket. Tiketnya Rp 0 dan dapat diminta di petugas loket sebelum boarding dengan menunjukkan boarding pass orangtuanya,” jelas Suprapto.

Selain itu, untuk kenyamanan pengguna jasa, khususnya penumpang anak, juga menyediakan fasilitas ramah anak di stasiun seperti ruang menyusui yang bisa dipakai untuk mengganti popok dan area bermain anak.

Area tersebut menjadi  salah satu upaya PT KAI untuk mewujudkan anak Indonesia yang GENIUS (Gesit-Empati-Berani-Unggul-Sehat), sesuai dengan tema Hari Anak Nasional tahun ini yang telah ditetapkan Pemerintah melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Dengan adanya area ini, anak dapat beralih dari gadget selama menunggu waktu keberangkatan KA dan memilih untuk bergerak, bermain di area khusus anak sehingga terwujudlah anak Indonesia yang gesit dan sehat.

“Dengan bermain di area ini, mereka juga diharapkan dapat mengembangkan kemampuan sosialnya, menumbuhkan empati dan keberanian dengan berinteraksi dengan sesama penumpang anak yang bermain di area bermain anak di stasiun.” tutup Suprapto

48 KOMENTAR

  1. Remarkable things here Yuk Intip Keseruan di Stasiun Peringati Hari Anak
    Nasional | mediajateng . I am very happy to peer your article Yuk Intip Keseruan di Stasiun Peringati Hari Anak
    Nasional | mediajateng . Thanks a lot and I’m looking
    forward to contact you Yuk Intip Keseruan di Stasiun Peringati
    Hari Anak Nasional | mediajateng . Will
    you kindly drop me a mail?

  2. Everything is very open with a really clear description of the issues Yuk Intip Keseruan di Stasiun Peringati Hari
    Anak Nasional | mediajateng . It was definitely informative Yuk Intip Keseruan di Stasiun Peringati Hari Anak Nasional | mediajateng .
    Your site is very useful Yuk Intip Keseruan di Stasiun Peringati Hari Anak
    Nasional | mediajateng . Thanks for sharing!

Comments are closed.