GROBOGAN, Mediajateng.net – Sebamyak 295 personel Polri diterjunkan untuk mengamankan prosesi pengambilan Api Abadi Mrapen yang akan dipergunakan untuk Obor Asian Games XVII. 295 personel Polri ini merupakan gabungan personel Polres Grobogan, Polres Demak dan juga personel Brimob .

Kapolres Grobogan AKBP Choiron El Atiq di sela-sela pengamanan prosesi pengambilan Api Mrapen ini mengatakan, 295 personel ini terbagi menjadi 235 personel dari Polres Grobogan dan Polres Demak dan 60 personel Brimob.

“Ada 295 personel yang diterjunkan dalam pengamanan ini dilanjutkan pada pengawalan sampai di perbatasan barat Kabupaten Grobogan yaitu Tegowanu. Selepas dari kecamatan Tegowanu, perarakan Obor Asian Games ini mendapatkan pengawalan dari Polres Demak sampai ke perbatasan yakni kecamatan Mranggen, begitu seterusnya sampai di Prambanan,” ungkap Kapolres.

Selain pengamanan di area Api Mrapen juga dilakukan pengamanan di sepanjang jalan menuju tempat wisata peninggalan Sunan Kalijaga ini. Pengamanan tersebut dimulai dari Pertigaan Godong ke arah Semarang. Untuk pengguna jalan yang akan menuju ke Semarang dialihkan melewati Demak atau dialihkan sejak dari pertigaan menuju Karangrayung untuk selanjutnya diarahkan menuju ke arah Jeketro, kecamatan Gubug.

Begitu juga sebaliknya, kendaraan yang akan menuju ke Purwodadi atau Blora dialihkan dari pertigaan Kemiri menuju Jeketro dan dilanjutkan menuju ke arah Sambung, kecamatan Godong.

Atau dari pertigaan Mintreng diarahkan menuju ke Demak yang tembus ke pertigaan Godong. Hal itu diberlakukan sejak pukul 08.00 hingga berakhirnya prosesi pengambilan Api Mrapen. (Agung-MJ)