Yuk Intip Kegiatan Yayasan Setara di Hari Anak

SEMARANG, Mediajateng.net – Sudah akrab di telinga, kalimat “anak merupakan generasi penerus bangsa”. Maka, usaha pembinaan anak sangat perlu guna menggugah dan meningkatkan kesadaran pada hak, kewajiban dan tanggung jawab orang tua, masyarakat, bangsa dan negara. Oleh karena itu, pemerintah perlu menetapkan Hari Anak Nasional.

Melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 44/1984 tentang Hari Anak Nasional tertanggal 19 Juli 1984, ditetapkan bahwa Hari Anak Nasional jatuh pada tanggal 23 Juli.

Yayasan Setara bekerja sama dengan Dewan Kesenian Semarang memperingati Hari Anak Nasional. Diintegrasikan dengan program Dewan Kesenian Semarang melalui Pazaarseni, menyelenggarakan workshop kriya untuk anak-anak di Kampung Tambakrejo dan Gedongsongo Timur serta anak-anak dari kampung dampingan Yayasan Setara.

Tema kegiatan Hari Anak Nasional ini adalah “Aku dan Kampungku”, di mana pengisi adalah kakak-kakak pendamping dari Yayasan Setara. Hasil dari workshop ini akan dikumpulkan untuk kemudian dipamerkan dalam Pazaarseni sebagai agenda tahunan Dewan Kesenian Semarang.

“Tema yang diusung ini adalah untuk mendekatkan anak dengan kampungnya, selain itu melatih anak untuk mengenali kampung dengan baik serta mengetahui potensi di dalamnya,” kata Bintang Alhuda, pendamping dari Yayasan Setara.

Kegiatan edukatif ini mengajak anak-anak untuk menggambar denah kampung, membuat kriya dari limbah yang paling banyak terdapat di kampungnya, dan lainnya. “Ini bisa jadi bagian di mana anak dapat mengenal dan mengantisipasi daerah rawan celaka di kampung sendiri.” Tambah Siti Utami.