Beri semangat, owner Kyriad Grand Master Hotel Purwodadi ajak anak panti semangat belajar dan mau bangun pagi untuk sholat berjamaah. Foto : Mediajateng.net

GROBOGAN, Mediajateng.net- Panglima Jendral Sudirman adalah orang yang kehilangan kedua orang tuanya. Semasa kecilnya hidup dengan pamannya.

Bukan menyerah, namun sosok yang dikenal sebagai kemerdekaan yang gigih berjuang demi membebaskan Indonesia dari penjajahan Belanda selalu semangat berjuang. Bahkan, kendati harus sempat ditandu, namun semangat berusaha dan juang Jendral Sudirman mampu membakar semangat juang pada kaum muda dimasa itu.

Mencontoh sosok Jendral Sudirman, yang hidup tidak dijaga orang tuanya. Seharusnya anak anak yang saat ini hidup di panti asuhan tidak patah arang. Namun, tetap semangat untuk mempersiapkan masa depan.

Karena siapa yang puasa atau menahan hawa nafsu dan mau berusaha maka dia akan berlebaran atau meraih kemenangan.

“Jika adek-adek hidup dalam panti asuhan. Allah ingin melatih kalian sejak kecil,” pesan Agus Siswato, pemilik Kyriad Grand Master Hotel Purwodadi, di depan puluhan anak penti asuhan di Purwodadi.

Karenanya, tinggal di Panti Asuhan bukan hal yang harus membuat kecil hati atau memupuskan semangat juang untuk meraih prestasi terbaik. Sebaliknya, kondisi itu harus menjadi semangat yang guna menggembleng diri agar dapat lebih mempersiapkan guna kehidupan di masa depan.

Tidak hanya dari Indonesia, namun semangat karena menjalani hidup tanpa pendampingan orang tua juga dialami sejumlah pemimpin dunia.

“Presiden Amerika 40 persennya masa kecilnya hidup sebagai anak yatim bahkan yatim piatu. Presiden AS itu 40 persennya mau tirakat sejak masih kecil. Barang siapa yang mau tirakat dan mau melampaui batas kemampuannya, maka Allah akan memberi keberhasilan dimasa mendatang,” tambah Agus, Owner Kyriad Grand Master Hotel Purwodadi, kepada Mediajateng.net, Selasa (7/5).

Selain 40 persen Presiden AS, dari Jawa Timur contoh yang hingga saat ini masih bisa ditemui adalah sosok Dahlan Iskan. Pengusaha media besarpun di Indonesia itupun di saat kecil hidup tanpa didamping orang tuanya. Karena tidak punya uang cukup, orang tuanya meninggal karena sakit.

“Orang tuanya meninggal karena keluarga tidak bisa membeli obat. Dan karena semangat dan usaha kerasnya beliau sekarang jadi orang sukses,” katanya.

“Siapa yg masa kecil hidup dalam kemiskinan tapi tidak rendah diri. Maka masa depan akan dapat hal-hal yang besar,” tambahnya.

“Pesan saya selama dipanti ikuti petuah pengelola panti. Seringlah sholat berjamaah. Kenapa orang Islam diminta sholat subuh. Hubunganya dengan usaha yakni lebih pada kita lebih dekat dengan pencipta da nada waktu lebih panjang untuk berusaha,” ungkapnya, didamping GM Kyriad Grand Master Purwodadi Hermawan Priyatna.

Selain tokoh dunia, sosok pengusaha hotel terbesar di Kabupaten Grobogan itupun menjadikan dirinya sebagai contoh nyata terkait semangat dan usaha. Dimana, berkaca dari tradisi dan karakter jika hidup di Padang, Sumatera tidak semua anak dapat warisan.

“Orang Pandang punya nasehat sebagai seorang laki-laki tidak dapat warisan karena haknya untuk anak perempuan. Maka semua laiki-laki merantau dengan semangat berusaha hingga diseluruh pelosok negeri,” ungkapnya.

Selain keberanian untuk merantau, mereka juga dengan semangat untuk berusaha saat berada di perantauan. Selain usaha, doa juga menjadi landasan dalam kehidupan mereka.

“Nasehat yang pak Agus pegang adalah kamu harus bangun pagi. Kalau bangun pagi kedahuluan matahari maka jangankan rizki kotoran pun telah diambil ayam, semangat kerja itu yang saya pegang,” katanya.

Orang Islam yang ingin jemput keberhasilan dan kebahagiaan maka bangun pagi, melakukan solat berjamaah di masjid.

“Maka sejak kecil bangunlah lebih dulu dari matahari biar rejekinya tidak ditotol ayam,” katanya.

Lakukan bangun pagi satu jam sebelum sholat subuh lakukan sholat malam 8 rakaat. Setelah selesai lakukan sholat jamaah menuju ke mesjid insya Allah akan memberkahi.

Orang punya uang banyak penting yang terpenting keberkahannya. Uang bisa berkah adalah uang yang digunakan untuk hal hal yg baik bagi pemiliknya.mj/50