DEMAK, Mediajateng.net – 121 mahasiswa Universitas Sultan Fatah (Unisfat) mengikuti prosesi wisuda di Pendopo Kabupaten Demak, Sabtu (22/10).

Dalam sambutannya, Rektor Unisfat Suemy, menyampaikan bahwa pendidikan tinggi merupakan kebutuhan wajib masyarakat saat ini, karena dengan pendidikan yang tinggi masyarakat dapat meningkatkan daya saing dan pengetahuannya,  serta merubah nasibnya sendiri dan dunia. “Dengan berpendidikan tinggi,  anak manusia dapat menjadi ilmuwan terkenal dan ekonom sukses. Dapat menjadi pemimpin efektif yang bisa mensejahterakan masyarakat serta membenahi kehidupan menuju yang lebih baik,” tuturnya.

Peran serta masyarakat untuk ikut berpartisipasi mencerdaskan anak bangsa dan kesadaran menempuh jenjang perguruan tinggi sangat diharapkan, karena tanpa peran serta masyarakat untuk mengelola pendidikan secara mandiri, pemerintah akan kalang kabut.

Dari 3500 perguruan tinggi di Indonesia,  hanya 150 yang merupakan perguruan tinggi negeri,  sedangkan sisanya perguruan tinggi swasta. “Meskipun kita (Unisfat) ada di daerah dengan segala keterbatasannya, namun kita memiliki motivasi yang tinggi untuk berjuang meningkatkan kualitas pendidikan dan kemampuan SDM anak negeri,” terangnya.

Kepada para wisudawan,  Bunda Emy sapaan akrabnya itu,  berpesan agar mereka mampu menjadi pelopor dan penggerak perubahan di masyarakat dan terus belajar sepanjang hayat. “Jaga nama baik keluarga dan almamater.  Rubahlah dunia menjadi lebih baik,” pesannya.

Dalam kesempatan itu, Suemy, juga melaporkan bahwa sejak berdiri tahun 2001, Unisfat Demak yang mengalami pasang surut permasalahan, telah berhasil mencetak sarjana S1 sebanyak 854 orang.  Dan tahun ini mencetak sebanyak 121 sarjana, sehingga totalnya mencapai  975 sarjana.

Sebanyak 121 sarjana yang diwisuda terdiri dari jurusan Teknik sipil, Teknik Elektro, Teknik Arsitektur, Teknik Informartika, Sistem Komputer, Administrasi Negara, Administrasi Niaga, Ekonomi Pembangunan,
Ilmu komunikasi dan Pendidikan Agama Islam.

Pada wisuda kali ini,  predikat lulusan terbaik diraih Muhammad Atok Amrullah, jurusan Teknik Informatika dengan Indeks Prestasi Komulatif (IPK)  3,54. (MJ-045)