SEMARANG, Mediajateng.net – Kabupaten Pati merupakan salah satu daerah yang banyak dijumpai warga yang berprofesi sebagai nelayan dan petani. Wilayah pesisir di daerah tersebut menjadikan banyak warga memanfaatkan potensi hasil laut sebagai mata pencaharian mereka. Potensi lainnya yakni pertanian, juga menjadi salah satu penopang hidup warga dengan berocok tanam.

Namun sayangnya, ketersediaan sumber daya alam tersebut kurang diimbangi dengan penyediaan fasilitas pendidikan dan keilmuan yang lebih memadai. Sehingga potensi perikanan dan kelautan yang ada, belum sepenuhnya tergarap optimal.

Akademisi dari Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Dr. Widhi Handoko, SH, SpN, berpendapat sudah saatnya di Kabupaten Pati, Jawa Tengah didirikan kampus negeri. Dengan tujuan agar warga setempat bisa lebih mudah mengenyam ilmu untuk mengembangkan potensi daerah.

“Selama ini warga Pati yang ingin kuliah terkait ilmu perikanan dan pertanian, harus merantau ke Kota Semarang, Solo, Jogjakarta. Fenomana itu tidak bisa dihindari karena di Pati tidak ada kampus negeri yang menyediakan fasilitas pendidikan yang memadai,” ujarnya saat ditemui dalam sebuah diskusi.

Widhi mengatakan, sudah selayaknya di wilayah Pati segera didirikan kampus negeri yang disesuaikan dengan kondisi setempat, yakni universitas negeri yang menyediakan fakultas perikanan dan pertanian.

“Tidak harus bangun kampus negeri baru. Undip, Universitas Negeri Semarang (Unnes), atau universitas negeri lain bisa membuka fakultas di sana. Tujuannya sekali lagi, untuk mendekatkan ilmu akademik kepada warga Pati. Selama ini orang Pati harus meninggalkan tanah kelahirannya untuk kuliah. Kalau dekat, kan setelah lulus, ilmunya bisa langsung diimplementasikan,” papar Ketua DPW Gerakan Nelayan Tani (GANTI) Jateng ini.

Dari Fakultas Perikanan dan Pertanian, termasuk Peternakan, akan ada bidang ilmu yang lebih spesifik yang diajarkan. Seperti budidaya ikan air tawar, industri ikan, pertenakan serta perkebunan, dan lain sebagainya.

“Itu yang dibutuhkan warga Pati dan harus diperjuangkan untuk terwujudnya Universitas Negeri di Pati,” pungkasnya dengan tegas. (ot/mj)

3 KOMENTAR

Comments are closed.