SEMARANG,Mediajateng.net – Wakil Walikota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu memerintahkan, Dinas Pasar Kota Semarang untuk melakukan inventarisasi kerugian para pedagang Pasar Waru Sawah Besar, yang menjadi korban kebaran.

” Saya sudah perintahkan Kepala Dinas Pasar untuk segera lakukan pendataan, saat ini kami belum tahu mana saja kios yang terbakar,” kata wanita yang akrab disapa Mba Ita ini.

Menurut Mba Ita, sebagian besar bagian pasar hangus terbakar, namun dirinya berharap masih ada bangunan dan barang-barang milik pedagang yang bisa diselamatkan. ” Kalau melihat situasinya, semuanya terbakar, mungkin hanya kiosnya yang bisa diselamatkan,” jelasnya.

Ia menjelaskan, pasar yang baru saja mengalami rehabilitasi tahun 2011 ini terbakar dibagian belakang pasar yang merupakan  los lama. Total ada 511 los dan 58 Kios. ” Itu bangunan lama yang terbakar,” jelasnya.

Karena sulitnya akses masuk mobil pemadam kebakaran dan minimnya sumber air, Mba Ita memerintahkan PDAM, Dinas Pertamanan untuk mengerahkan mobil tanki guna membantu pemadaman. ” Mobil-mobil tanki dari dinas saya minta untuk merapat, apalagi sumber air sangat susah. Masyarakat yang menonton juga menyulitkan akses mobil pemadam untuk masuk,” tutupnya.

Menurut informasi yang dihimpun, pasar yang terletak diantara rumah susun sewa sederhana(Rusunawa) Kaligawe dan Polder Kaligawe ini pernah terbakar beberapa kali. Diantaranya tanggal 11 Juni 2011 dan 18 September 2014. (MJ.303)

1 KOMENTAR

Comments are closed.