Warung Angkringan Dan Tempat Hiburan Jadi Target Sosialisasi Pencegahan Virus Corona

0

Semarang, Mediajateng.net, – Setelah melakukan sosialisasi pencegahan penyebaran virus corona kepada para pedagang di Pasar Tiban Citarum, Muspika Semarang Timur dari unsur Kecamatan Semarang Timur, Koramil 03/Semarang Utara Timur dan Polsek Semarang Timur kembali menggelar kegiatan serupa, Rabu (24/3/2020) malam. Kali ini, lokasi yang dijadikan kegiatan sosialisasi adalah warung angkringan dan tempat hiburan di wilayah Semarang Timur.

Menurut Camat Semarang Timur, Nurul Hidayati, sosialisasi ini dilakukan agar warga mendukung upaya social descanting atau menjaga jarak guna mencegah potensi penyebaran virus corona.

Sebelumnya, Walikota Semarang Hendrar Prihadi meminta warganya untuk mendukung upaya social distancing sesuai arahan dari pemerintah pusat. Walikota menyampaikan juga agar setiap warga tidak panik dan melakukan hal berlebihan meski wabah virus corona menyebar sampai Kota Semarang.

“Kita harus jaga upaya social discanting agar penularan virus akan melambat. Yang terpenting untuk pencegahan adalah warga tetap menjaga kebersihan, rajin cuci tangan, pola makan yang sehat dan berolah raga demi menjaga ketahanan tubuh, sehingga tidak mudah terserang virus penyakit,” ucapnya usai sosialisasi.

Nurul melanjutkan, dari sejumlah tempat yang diberikan sosialisasi, pihaknya menjumpai masih banyak warga di wilayahnya yang masih melakukan kegiatan diluar rumah pada malam hari.

“Misalnya tadi banyak yang nongkrong di warung angkringan dan tempat hiburan. Warga sebenarnya sudah tahu namun kami tetap berikan sosialisasi. Upaya kami dengan pendekatan dan persuasif. Kami himbau warga agar lebih baik di rumah saja kecuali ada keperluan penting. Kami sampaikan juga soal pentingnya social discanting, karena ini penting mengingat gejala virus corona sulit terdeteksi,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Danramil 03/Semarang Utara Timur, Mayor Arh Sulistiyono menyampaikan hal yang sama. Menurutnya, sosialisasi upaya pencegahan penyebaran virus corona akan terus dilakukan sampai batas waktu yang belum bisa dipastikan.

“Kami juga menghimbau agar setiap warga menaati aturan mengenai pencegahan penyebaran virus corona yang sudah ditetapkan oleh pemerintah,” katanya.

Salah satu pengelola tempat hiburan, Catur Risa mendukung upaya sosialisasi yang dilakukan oleh pihak kecamatan, koramil dan kepolisian. Dilingkungan tempat usahanya, Catur menjelaskan, sudah menyediakan hand sanitizier dan semua karyawannya diwajibkan memakai masker.

“Kami apresiasi sekali. Memang harus bersama-sama memerangi virus corona karena kami sadar virus tersebut sudah menyebar sehingga perlu dicegah,” ucapnya. (ot/mj)