Warga Terdampak Covid-19 Diberi Bantuan Paket Sembako

0

GROBOGAN, mediajateng.net – Dalam rangka peduli warga yang terdampak covid-19, Bupati Grobogan, Sri Sumarni, berkesempatan meninjau langsung pembagian sembako yang bersumber dari Dana APBD Kabupaten Grobogan. Pemantauan tersebut dilakukan langsung di dua wilayah, yakni di Desa Sedadi, Kecamatan Penawangan dan Desa Getasrejo, Kecamatan Grobogan, Minggu (17/5/2020).

Sebelum melakukan penyaluran, terlebih dulu Bupati mengecek kesiapan paket sembako yang sudah sampai di tiap RT. Adapun paket sembako yang berisi 15 kilogram beras, satu liter minyak goreng, satu kilogram telur ayam dan lima bungkus mie instan ini dibagikan ke seluruh warga yang mengalami dampak covid-19 ini. Total penerima bantuan nontunai yakni 43.124 KK yang tersebar di 19 kecamatan di Kabupaten Grobogan.

Terlihat, Sri Sumarni memberikan bantuan paket sembako kepada warga yang namanya sudah tertera di depan rumah RT setempat. Yakni, mereka sebagai penerima paket sembako tersebut.

Dalam video rilis yang dibagikan di akun media sosialnya, Sri Sumarni mengatakan, pemerintah desa telah memasang pengumuman berisi nama penerima bantuan di rumah masing-masing ketua RT sebagai bentuk transparasi.

“Ada enam macam bantuan yang disalurkan oleh pemerintah pusat hingga pemerintah daerah. Diantaranya, program sembako PKH, BST dari Kemensos senilai Rp 600 ribu, BLT Dana Desa senilai Rp 600 ribu, bantuan sembako Provinsi Jawa Tengah, bantuan sembako susulan dari Provinsi Jawa Tengah, dan bantuan sembako dari Pemkab Grobogan,” jelasnya.

Pihaknya juga menjelaskan, kepada warga Kabupaten Grobogan, bantuan ini diharapkan dapat meringankan beban masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

“Saya berharap pembagiannya bisa merata. Berdasarkan data yang saya miliki, sejumlah program bantuan tersebut telah menyentuh 73,08 persen dari total kepala keluarga di Kabupaten Grobogan,” tambah Sri Sumarni.

Laporkan untuk Didata

Sri Sumarni juga meminta maaf kepada masyarakat terkait setiap KK hanya diperbolehkan mendapatkan salah satu program bantuan pemerintah tersebut. Tujuannya, seluruh bantuan itu bisa dapat merata.

“Jika ada warga terdampak yang belum terdaftar sebagai penerima program bantuan manapun, bisa melapor kepada ketua RT untuk didata sebagai penerima bantuan sembako dari Pemerintah Kabupaten Grobogan,” jelasnya.

Kirim Sembako Perantau

Di hari yang sama, Sri Sumarni juga melepas rombongan truk yang hendak mengirimkan paket sembako kepada warga Kabupaten Grobogan yang berada di tanah rantau. Bantuan tersebut dikirimkan melalui koordinator di masing-masing wilayah.

“Semoga dapat meringankan beban anak-anakku semua yang sedang di perantauan. Mudah-mudahan Covid-19 cepat berlalu, tetap semangat dan optimis,” pesannya.

Sri Sumarni juga meminta kepada para perantau agar tetap mengikuti anjuran pemerintah untuk tidak mudik. Selain itu, pihaknya juga mengingatkan agar masyarakat tetap berpegang teguh pada protokol kesehatan. (mj/Ag).