SEMARANG, Mediajateng.net, – Masyarakat berharap kepada Walikota Semarang Hendrar Prihadi maju kembali dalam Pilwakot Semarang 2020. Seperti yang diungkapkan penggiat komunitas kreatif di Kota Semarang, Gatot Hendraputra, yang menurutnya, pencalonan Walikota Semarang yang akrab disapa Hendi itu menjadi solusi terbaik bagi Kota Semarang saat ini.

“Semarang sekarang kemajuannya sangat pesat dibanding periode-periode sebelumnya, secara fisik saja sudah dapat dilihat. Saya pikir ini solusi terbaik bagi warga Kota Semarang,” tutur Gatot.

Dirinya merasa bangga menjadi warga yang dipimpin oleh Walikota Hendrar Prihadi. Pembangunan kota menurutnya, terus mengalami kemajuan dalam 10 tahun terakhir ini.

“Kebanggaan masyarakat terhadap Kota Semarang baru terbangun di era sekarang, sehingga harapan saya beliau bisa mendapat amanah lagi, karena saya yakin beliau masih punya banyak rencana untuk Kota Semarang,” tegasnya.

Sebelumnya, pakar ilmu hukum tata negara dan konstitusi Universitas Semarang, Muhammad Junaidi berpendapat, pada Pilwakot Semarang 2020 akan menjadi kali kedua bagi Hendrar Prihadi maju sebagai calon petahana. Tetapi sebenarnya, kata dia Walikota Semarang tersebut baru menjalani satu periode kepemimpinan.

“Saya pikir saya lebih sepakat bahwa beliau baru satu periode, karena penafsirannya yang pertama melanjutkan, sehingga bisa-bisa saja mencalonkan diri kembali,” jelas Junaidi yang juga merupakan Ketua Program Studi Magister Hukum Universitas Semarang tersebut.

Junaidi sendiri memprediksi dengan status Wali Kota Semarang yang akrab disapa Hendi itu maju kembali sebagai calon petahana, maka praktis perebutan kursi wakil walikota sebenarnya menjadi lebih menarik untuk diperbincangkan.

Pasalnya ia menyebutkan hampir tidak ada calon lain di posisi wali kota, yang mampu menyaingi Hendi dalam Pilwalkot Semarang ke depan. (ot/mj)