KEDUNGJATI – medijateng.net

Manunggal TNI dan warga tidak saja menunjukan sinergitas lembaga negara dan masyarakat.Namun, kekuatan yang disatukan mampu mengubah inftra struktur yang rusak menjadi baik dan nyaman digunakan. Kondisi ini muncul di Kebersamaan menjadi kekuatan dibuktikan warga bersama Koramil 18/Kedungjati dan Kodim 0717/Purwodadi.

Mereka bersama mengerjakan perbaikan infrastruktur dalam rangka Karya Bhakti Mandiri (KBM) di Desa Karanglangu, Kecamatan Kedungjati.Di tempat yang memiliki akses jalan rusak cukup banyak, menyentuh TNI untuk begerak melakukan perbaikan.

“Mereka kompak, antusias masyarakat cukup tinggi. Dengan kerja sama ini, diharap pekerjaan dapat cepat rampung dan terjaring silaturahmi yang baik antara warga dan TNI,” jelasnya Danramil 18/Kedungjati Kapten Inf Untung Hardjanto.

Kegiatan berlangsung dari 2 Maret hingga 23 Maret nanti.

“KBM sasaran kegiatan fisik maupun non fisik sudah berjalan hampir 50 persen. Diantaranya pengecoran jalan dengan panjang 400 meter, lebar 2,5 meter dan tebal 15 meter berjalan 30 persen, jambanisasi 30 persen, pos kampling serta rehab mushola 15 persen,” jelas Untung Hardjanto.

Selain itu, kegiatan non fisik terus dilaksanakan setiap harinya diantaranya pemberian materi dari Dinas Sosial, DP3AKB, Disnakertrans, pembuatan SIM keliling Dispendukcapil, Satlantas Polres, dan Kodim 0717. “Untuk wawasan kebangsaan (Wasbang) dilaksanakan di SMPN 1 Karanglangu,” ungkapnya.

Dengan program tersebut Untung berharap dapat mengedepankan budaya gotong-royong ke masyarakat.

“TNI dan warga tampak kompak disana. Ini merupakan wujud dari abdi masyarakat bersatu dengan TNI. Jika semua dilaksanakan dengan bersama-sama setiap pekerjaan akan cepat selesai,” paparnya.

Selain itu, dengan kegiatan KBM ini merupakan salah satu cara ampuh untuk membantu pemerintah kabupaten (pemkab) dalam membangun infrastruktur di daerah. Terlebih membangun infrastruktur merupakan fokus pemerintah saat ini.

“Kegiatan ini juga membantu pemkab dalam perbaikan infrastruktur di daerah. Diharapkan infrastuktur bisa merata sampai ke pelosok desa. Serta mampu menjalin hubungan yang baik berkelanjutan dengan masyarakat. Sehingga mereka tak segan-segan meminta bantuan kepada jajaran TNI setiap ada suatu hal,” pungkasnya.(MJ-505)