Virus Corona, DPRD Demak Imbau Agar Warga Tenang dan Tidak Panik

DEMAK, mediajateng.net – DPRD Demak mengimbau masyarakat di Kota Wali agar tetap tenang dan tidak panik menyikapi situasi terkini terkait penyebaran virus corona yang menjadi pandemi di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Menurut Wakil Ketua DPRD Demak, Nur Wahid, Pemerintah Kabupaten Demak telah mengambil kebijakan dan langkah-langkah strategis guna pencegahan dan penanganan penyebaran virus corona dengan mengeluarkan Surat Edaran nomor 440.1/5 Tahun 2020 tentang Pencegahan dan Penanganan Corona Virus Disease (Covid 19) di Kabupaten Demak.

“Kami berharap agar masyarakat bisa mematuhi kebijakan yang di tempuh bupati terkait virus corona. Sampai saat ini kami belum mendapat laporan ditemukan kasus pasien corona di Kabupaten Demak, meski begitu kita tetap perlu waspada dan selalu berhati-hati,” kata Cak One sapaan akrabnya, Selasa (17/3/2020).

Pemerintah Kabupaten Demak , sambung Wahid telah mengambil kebijakan dengan meliburkan seluruh sekolah mulai PAUD, TK. SD, dan SMP se-derajat selama 14 hari ke depan, sesuai surat edaran Gubernur Jawa Tengah.

Selain itu juga menghimbau untuk menutup sementara tempat wisata religi seperti di Makam Sunan Kalijaga dari kunjungan para peziarah dari luar hingga 14 hari ke depan.

Wahid meminta agar masyarakat melakukan
upaya pencegahan dan pengendalian infeksi virus corona sesuai protokol (tata laksana) yang telah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan RI, dengan menghindari kontak fisik secara langsung dan melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat dengan cuci tangan pakai sabun, mengonsumsi gizi seimbang, serta rajin berolah raga dan istirahat cukup.

“Harapan kita tokoh masyarakat Demak, ketua organisasi, pengasuh pondok pesantren, komunitas, karangtaruna ikut berpartisipasi mensosialisasikan dan mengedukasi warga sekitar dan keluarga terkait upaya pencegahan virus covid 19,” ujarnya.

  1. “Sekali lagi kami minta agar tidak panik, selalu waspada, saling peduli dan berdo’a untuk keselamatan bersama,
    agar kabupaten Demak terjaga dan terhindar dari virus corona,” tutupnya (Ari-MJ)