SEMARANG, Mediajateng.net, – Universitas Semarang (USM) mempunyai peluang besar akreditasi unggul “A”. Universitas swasta tersebut diminta untuk melakukan penguatan dan percepatan sistem penjaminan mutu perguruan tinggi sebagai kunci dalam pengembangan USM.

Demikian diungkapkan Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VI Jawa Tengah, Prof Dr DYP Sugiharto MPD Kons dalam acara “Peran LLDIKTI dalam Meningkatkan Akreditasi USM”, di Ruang Sidang Gedung B, Senin (8/10).

LLDIKTI yang saat ini bergeser mindset dari Kopertis, sebagai pendampingan untuk peningkatan dan pengembangan mutu baik di PTN/PTS di satu wilayah dengan penguatan pada komponen-komponennya.

“Untuk Efesiensi peningkatan Akreditasi sebagai indikator mutu tersebut, kami mendampingi perguruan tinggi dalam pengisian Sembilan kreteria untuk instrument baru, yang di back-up oleh 24 standar nasional pendidikan tinggi yang dilakukan,” terangnya.

Sugiharto mengatakan, akreditasi USM saat ini mampu berubah untuk berakreditasi unggul. Karenanya, perlu adanya penguatan tekad dengan tiga kata kunci yakni membenahi, menjaga dan meningkatkan USM.

“Membenahi komponen dan proses internal, untuk itu saya tekankan agar USM jangan menjadi Sri Gunung. Kemudian menjaga keberlanjutan trust masyarakat, agar cita-cita USM menjadi menara air bisa terwujud. Terakhir, meningkatkan kualitas dan peringkat progdi maupun perguruan tinggi,” jelas dia.

Sementara itu Ketua Yayasan Alumni Undip, Prof Muladi SH yang hadir dalam acara tersebut, merespon beberapa masukan dari Prof Sugiharto agar Rektor USM beserta jajarannya segera membentuk masing-masing penanggung jawab dalam implementasi 24 standar nasional perguruan tinggi.

Forum tersebut juga dihadiri dewan pengurus, dewan penyantun, dewan pengawas Yayasan Alumni Undip, Rektor USM dan jajarannya, serta para pengelola fakultas di USM. (ot/mj)