SEMARANG, Mediajateng.net, – Universitas Semarang (USM) melakukan penandatangan kerjasama dengan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Disdalduk KB) Kota Semarang di Halaman Klinik USM (12/9).

Adapun kerjasama ini dihadiri oleh Ibu Walikota Semarang, Krisseptiana Hendrar Prihadi yang sekaligus selaku Ketua Tim Penggerak PKK Kota Semarang.

Kerjasama dilakukan dengan penandatanganan Surat Kerjasama oleh Sekretaris Bidang Eksternal Yayasan Alumni Undip, Eddy Djoko Pramono serta Krisseptiana Hendrar Prihadi dan Kepala Disdalduk KB Kota Semarang, Gurun Risyadmoko dengan didampingi Rektor USM, Andy Kridasusila SE MM.

Gurun mengaku program ini akan berlangsung di 16 Kecamatan, salah satunya dengan Kecamatan Pedurungan. Kerjasama yang dilakukan adalah dengan mengadakan pelayanan KB dan tes Inspeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA).

“Pelaksanaan program ini tidak bisa berjalan sendiri, harus terintegrasi melibatkan kecamatan. Krisseptiana Hendrar Prihadi mengharapkan kepada semua Bu Camat, Bu Lurah serta masyarakat untuk bisa untuk melakukan pencegahan penyakit salah satunya dengan tes IVA,” ungkapnya.

Gurun menambahkan, USM mempunyai kepedualian karena ada program yang disosialisasikan kepada karyawan dan masyarakat sekitar. Pihaknya berterima kasih kepada USM, mungkin nantinya bisa ditindak lanjuti dengan perguruan-perguruan tinggi lainnya.

“Kita juga melibatkan Ikatan Bidan Indonesia jadi tidak hanya pemerintah dan perguruan tinggi, dan tentunya dibawah pengawasan Dinas Kesehatan Kota Semarang,” imbuhnya.

Gurun mengatakan kerjasama dilakukan dalam bentuk penyediaan fasilitas berupa klinik oleh USM sementara dari Disdalduk KB akan memberikan obat-obatan.

Rektor Andy Krisdasusila mengaku sangat mengapresiasi atas apa yang dilakukan oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kota Semarang. Menurutnya, pihaknya berharap kegiatan ini bisa menjadikan masyarakat Kota Semarang lebih baik lagi.

“Sehingga mampu memunculkan aktivitas-aktivitas yang dapat mendukung Kota Semarang menjadi lebih hebat lagi,” ungkapnya. (ot/mj)