USM, Ini Peran Guru BK

0

Semarang, Mediajateng.net, – Guru Bimbingan Konseling (BK) mempunyai peran penting dalam mengembangkan passion dan mencapai prestasi masa depan siswa.

Demikian disampaikan Dekan Psikologi Universitas Semarang (USM) Dr. L Rini Sugiarti dalam seminar bertajuk “Passion Prestasi dan Profesi” pada siswa SMA/SMK di Aula Gedung V Lt 6 USM pada Selasa (28/1). Hadir narasumber lain yakni Praktisi Pendidikan Dr. Soedjono dan moderator oleh Kaprogdi Magister Psikologi, Dr. Mulya Virgonita.

Seminar ini dihadiri ratusan peserta yang merupakan para guru Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling (MGBK).

Rini Sugiarti mengatakan, dalam pribadi siswa memiliki kelebihan dan kekurangan maka dari itu peran guru BK sangat kompleks dalam lingkup sekolah.

“Kompetensi guru sebagai agen pembelajaran bagi siswa untuk mengetahui potensi anak melalui passionya, agar siswa dapat memiliki karakter multiple intelegency (kecerdasan majemuk) dan kalau di asah terus-menerus akan menjadi prestasi baik bagi siswa,” terangnya.

Rini juga berpesan pada guru BK bahwa, siswa itu generasi muda tulang punggung bangsa, mengutip pidato Mendikbud Nadiem Makariem bahwa semua berawal kita semua berawal dari guru, dan orang yang cerdas adalah orang yang bisa menyelesaikan suatu masalah.

Sementara itu, Praktisi Pendidikan Dr. Soedjono mengapresiasi keberadaan guru-guru BK karena peran itu sangat penting dalam menunjang peradaban bangsa ini.

“Salah satu yang punya tugas penting di sekolah adalah BK, padahal memang paradigma pergeseran kebutuhan anak baik itu prestasi maupun profesi, diharapkan guru BK bisa memberi kontribusi positif terhadap anak-anak melalui passion, prestasi dan profesi yang akan dituju oleh anak tersebut kedepannya,”tegasnya.

Menanggapi seminar tersebut, Direktur Pascasarjana Djoko Santoso dalam sambutannya, mengapresiasi atas diselenggarakan seminar yang menghadirkan para guru MGBK untuk bisa mengambil peran utama dalam mencerdaskan anak bangsa.

“Kalau ada seminar tentang guru kami siap memfasilitasi, karena peran guru sangat strategis dalam elemen pendidikan meliputi SMA/SMK, sehingga guru BK bukan menjadi momok yang menakutkan siswa, tetapi menjadi pendamping siswa atau orang tua dalam sekolah,” ungkapnya. (ot/mj)