UPT Perpustakaan USM Gelar Seminar Beasiswa Luar Negeri

Semarang, Mediajateng.net, – Ratusan mahasiswa Universitas Semarang (USM) mengikuti seminar “Scholarship Destination, Belajar dari Belahan Dunia: Tips Mudah Meraih Beasiswa Luar Negeri” di Auditorium Ir Wijadmoko, Rabu (12/2).

Seminar ini diselenggarakan oleh UPT PERPUSTAKAAN Universitas Semarang (USM). Menurut ketua panita, Agung Budiyanto, S.Hum mengatakan, seminar ini dihadiri oleh 360 orang peserta yang terdiri dari mahasiswa dan pelajar.

“Alhamdulillah semua peserta hadir. Seminar ini untuk memberikan informasi beasiswa, membentuk mahasiswa agar mengetahui syarat-syarat mendapatkan beasiswa,” katanya.

Agung Budiyanto menambahkan, selain itu seminar ini juga sebagai ajang promosi perpustakaan dan pengumuman bagi pengunjung dan peminjam buku terbanyak.

“Seminar ini memberikan informasi mengenai syarat beasiswa, baik yang berskala nasional atau internasional, dan juga sebagai ajang promosi perpustakaan dengan pemberian penghargaan bagi pengunjung dan peminjam buku terbanyak selama tahun 2019,” tandasnya.

Dalam sambutannya ketua panitia Khoirudin, S.Kom memberikan apresiasi terhadap mahasiswa yang sering berkunjung ke perpustakaan.

“Saya mengapresiasikan kepada mahasiswa yang sering berkunjug ke perpustakaan. Ayo ke perpustakaan, ayo membaca dan ayo lulus ”ajaknya dengan semangat.

Dalam akhir sambutannya Khoirudin, S.Kom memberikan motivasi kepada seluruh mahasiswa agar jangan takut dalam mencari beasiswa walaupun belum terlalu mahir berbahasa Inggris.

“Banyak orang yang berfikir bahwa beasiswa ke luar negeri itu harus menguasai bahasa inggris, padahal masih banyak yang tidak menggunakan bahasa inggris atau bahasa inggrisnya pas-pasan, yang penting itu mentalnya jika gagal maka coba lagi ”ungkamnya  sambil memotivasi.

Prof.Hardhani Widyastuti selaku Wakil Rektor 1  USM dalam sambutannya momotivasi para peseta agar memiliki cita-cita dan suka untuk membaca.

“Keberhasilan itu ditentuka oleh cita-cita dan jalan pikirkan kalian dan biar tidak ketinggalan zaman kalian harus memiliki cita-cita dan harus suka membaca,”ungkapnya.

Sementara narasumber Nail Fadhly menyampaikan tips utama untuk mendapatkan beasiswa di luar negeri adalah tujuan negara yang akan dituju, berusaha dan berdoa, menulis Essay, jawaban saat wawancara.

Nail Fadhly menambahkan bahwa yang layak mendapatkan beasiswa itu adalah orang yang giat berusaha dan memiliki tekad yang kuat.

“Orang yang pintar belum tentu akan mendapatkan beasiswa tapi orang yang mau usaha dan punya tekad yang kuat yang menurut saya layak untuk mendapatkan beasiswa,” ungkapnya.

Dalam seminar ini juga diumumkan pengunjung perpustakaan terbanyak dan peminjam buku terbanyak selama tahun 2019 yaitu pemenang pertama Suadul Malihah dari fakultas ekonomi, pemenang kedua Wulan Pratiwi fakultas Psikologi, pemenang ketiga Olivia Kurnia Agatha dari Fakultas Teknologi  Informasi dan Komunikasi. (ot/mj)