Bentuk Karakter dengan Kejuaraan Karate

0

Semarang, Mediajateng.net, – Ratusan mahasiswa Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Semarang (USM) yang mengikuti kejuaraan intern karate dan dance yang diselenggarakan di Gelora Prof Sudarto, SH kampus USM.

Kegiatan diikuti 750 karateka dari tiap angkatan baik kelas pagi, sore dan Minggu dalam satu makul olahraga. Kelompok dance dari masing-masing peserta memakai kostum couple dan unik sehingga pada saat tampil bisa menunjukkan kreatifnya.

Menurut Metta Cristiana SPd M.Kes, dosen mata kuliah Olahraga mengatakan, kejuaraan ini digelar dalam rangka membentuk karakter anak dalam satu semester. Dalam empat bulan, satu minggu sekali mereka dapat pengalaman pelatihan hingga mengikuti ujian akhir dalam bingkai kejuaraan.

“Meskipun kejuaraan ini tidak standar seperti kejuaraan formal, paling tidak mereka merasakan pembentukan mental dan karakter yang bagaimana tampil dinilai, percaya diri, fokus, dinilai juri dari luar di hadapan banyak penonton,” ungkap Metta.

Metta menambahkan, kejuaraan yang diikuti mahasiswa meliputi kelas karete di dalamnya dibagi kelas katak, putra 18 kelas dan putri 4 kelas. Sedangkan yang menyebet kejuaraan kelas lomba adalah kelas dance dipilih juara satu dan tiga dan juara harapan.

Selain itu menurut salah satu  peserta, Reda mengatakan, dirinya tidak menyangka bisa mengikuti kegiatan tersebut dan bisa menjadi juara pertama melalui persiapan yang matang dan maksimal.

“Semoga acara ini ada terus, karena bener-bener bentuk karakter, dalam proses di dalamnya ada debatnya, akurnya dari belum kenal bisa tambah kenal dan erat meskipun beda kelas kita tetap berusaha,” harapnya.

Selain itu, menurut Danu AL Ramadhan, Ketua UKM Karate mengatakan, pihaknya merasa senang bisa menjadi bagian dari acara tersebut. Anak-anak yang terlibat mata kuliah olahraga juga tidak bosan dan bisa dapat pengalaman.

“Saya senang. Karena dengan adanya kegiatan positif ini mampu membuat mahasiswa tidak terpikat oleh teori saja,” ujarnya. (ot/mj)