SEMARANG,Mediajateng.net-Gerhana Matahari Total yang akan melintas di 12 provinsi di Indonesia pada 9 Maret 2016 menjadi berkah tersendiri karena Indonesia merupakan satu-satunya negara yang dapat menikmati Gerhana Matahari Total. Kota-kota yang dilintasi oleh gerhana matahari total diantaranya adalah: Palu, Balikpapan, Bangka Belitung, dan Ternate.

Untuk Wilayah Indonesia Barat peristiwa gerhana matahari dimulai pukul 06.20 WIB (wilayah Palembang termasuk Jakarta dan Tanjung Pandan gerhana mulai pukul 06.21, wilayah Palangkaraya mulai pukul 06.23 mencapai puncaknya pukul 07.30, dan wilayah Bengkulu gerhana mencapai puncaknya pukul 07.19 WIB).

Bagi ummat Islam, Nabi Muhammad SAW telah memberikan contoh dalam mensikapi terjadinya gerhana, yaitu dengan melaksanakan shalat gerhana. Sebagaimana tertulis dalam kitab Hadist Shahih Muslim no. 1515, Abdullah bin Amru bin Ash ra., ia berkata : “Tatkala gerhana matahari terjadi di masa Rasulullah SAW. (manusia) diseru dengan seruan: “as-shalaatu jaami`atan” (marilah salat berjamaah). Rasulullah SAW. melakukan dua kali rukuk dalam satu rakaat. Kemudian berdiri dan melakukan dua kali rukuk dalam satu rakaat (yang terakhir). Kemudian matahari nampak kembali.”

Terkait dengan akan terjadinya peristiwa Gerhana Matahari Total,menurut rilis yang diterima Mediajateng.net.Takmir Masjid Ulul Albab akan mengadakan shalat gerhana matahari.

Takmir Masjid Ulul Albab mengajak Keluarga besar Unnes dan warga sekitar yg Muslim untuk hadir dan melaksanakan Shalat Gerhana Matahari pada hari Rabu 9 Maret 2016 pukul 06.15 di Masjid Ulul Albab Universitas Negeri Semarang Kampus Sekaran Gunungpati. Bertindak sebagai imam adalah Prof.Dr.Masrukhi, MPd.(MJ.71)

1 KOMENTAR

Comments are closed.