SEMARANG, Mediajateng.net, – Universitas Diponegoro (Undip) Semarang menggelar kegiatan “Alumni Mengajar 3”. Sejumlah alumni Undip diundang untuk mengajar di kampus, seperti yang diselenggarakan di Auditorium Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Undip Tembalang, Kamis (8/11).

Kegiatan yang bertema “Peluang Kerja dan Bisnis di Era Millenial” ini merupakan hasil kerjasama Direktorat Komunikasi dan Hubungan Alumni dengan Biro Administrasi Kemahasiswaan Undip. Sejumlah alumni yang diundang diantaranya, Abdul Kadir Karding, Agustina Wilujeng, dan Heddy Lugito.

Acara tersebut merupakan ajang bagi alumni dapat memaparkan pengalaman dan kisah suksesnya dalam merintis karier di bidangnya masing-masing, sehingga bisa sukses seperti sekarang dan bisa memotivasi mahasiswa untuk mengembangkan skill sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Alumni juga dapat memberikan masukan dan nasihat kepada mahasiswa agar kelak bisa siap untuk menghadapi dunia kerja.

Direktur Komunikasi dan Hubungan Alumni Undip Drs. Mujid F Amin, M.Pd mengatakan, kegiatan Alumni Mengajar ini berguna untuk mengembangkan potensi mahasiswa.

“Diharapkan bisa memotivasi para mahasiswa untuk lebih tekun dan sukses, sehingga tidak hanya menjadi pegawai melainkan untuk berwirausaha,” ujarnya.

Wakil Rektor III Undip Budi Setiyono dalam sambutannya mengemukakan bahwa Undip merupakan universitas yang ditunjuk oleh pemerintah untuk dapat menjadi universitas yang mandiri dan menjadi PTNBH secara penuh.

Budi menjelaskan bahwa di Undip mahasiswa terbagi menjadi dua kelompok. Yaitu, mahasiswa Job seeker dan mahasiswa yang ingin mengembangkan jiwa wirausahanya. Untuk mahasiswa yang ingin bekerja Undip telah memfasilitasi dengan Undip Career Center.

“Sedangkan untuk para mahasiswa yang ingin mengembangkan jiwa wirausaha, kami memfasilitasi dengan Direktorat Komunikasi dan Hubungan Alumni Undip yang bekerjasama dengan Alumni membentuk Undip Community Business” katanya.

Lebih lanjut, Budi menambahkan selain dipercaya menjadi universitas yang mandiri, pemerintah berharap Undip dapat membawa nama harum bangsa di kancah internasional.

Dalam paparan materi Abdul Karding menjelaskan bahwa kelompok millenial merupakan generasi usia antara 17-34 tahun, dimana generasi tersebut akan menduduki puncak dalam komposisi demografi di Indonesia, yang berarti bahwa Indonesia akan mengalami penduduk dengan usia produktif yang melimpah.

“Digitalisasi dan otomasi di setiap lini kehidupan serta konektivitas dan interaksi antar manusia memaksa kita semua untuk menjadi insan yang melek teknologi,” ujar Karding. (ot/mj)