DEMAK, Mediajateng.net – Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) sudah tidak asing lagi di telinga kita.

Anggota polisi yang bertugas di desa ini, sangat penting perannya dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di desa binaanya.

Peran Bhabinkamtibmas, tentunya akan berlipat ganda menjelang Pilkada Jateng 2018. Begitu pula tugas yang disandang oleh Bhabinkamtibmas Polres Demak.

Sebagai garda terdepan, mereka mempunyai tanggung jawab dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarkat serta tetap menjaga iklim kondusif di desa meski suhu politik sudah mulai memanas.

Kapolres Demak, AKBP Maesa Soegriwo mengatakan, Bhabinkamtibmas di wajibkan turun langsung ke tengah-tengah masyarakat memberikan penyuluhan dan sosialisasi pentingnya Pilkada damai.

“Bhabinkamtibmas itu tugasnya sambang desa dan melakukan penyuluhan terkait upaya-upaya meningkatkan partisipasi masyarakat untuk mewujudkan keamanan di wilayah masing-masing,” kata Maesa, Senin (12/2/2018).

Menurut Maesa, tidak ada tugas lain bagi Polri dalam kegiatan politik, kecuali mengajak masyarakat untuk menjaga Pilkada tetap damai.

Pilkada yang damai berarti bebas dari tindakan-tindakan yang sifatnya kekerasan, tindakan-tindakan yang dilarang oleh hukum.

Tugas Bhabinkamtibmas melalui pendekatan persuasif, berinteraksi secara langsung kepada masyarakat dan itu dilakukan oleh seorang anggota kepolisian setempat.

“Bhabinkamtibmas sebagai ujung tombak kepolisian, agar melaksanakan patroli di pedesaan. Sambangi para tokoh agama dan tokoh masyarakat agar tercipta wilayah hukum Polres Demak yang kondusif,” tuturnya.