Tokopedia Bersama Kreator Lokalnya Perangi Corona

0

Semarang, Mediajateng.net, – Permintaan akan produk kesehatan dan dan kebutuhan pokok lain terus mengalami lonjakan secara signifikan, sejak kesadaran masyarakat terhadap pandemi COVID-19 meningkat. Seperti yang terjadi disalah satu toko online terbesar di Indonesia, Tokopedia.

Riset internal Tokopedia menunjukkan produk yang paling banyak dicari antara lain berbagai jenis masker mulut, camilan sehat, hingga cairan antiseptik atau hand sanitizer.

Menurut External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya dalam pers releasenya menyatakan, tren menunjukkan permintaan yang tinggi terutama pada produk kesehatan. Hal ini akhirnya berdampak pada pertumbuhan bisnis pada kreator lokal di Tokopedia.

“Belanja online memang dapat menjadi alternatif mengurangi risiko penyebaran virus di tempat ramai sekaligus mendorong bisnis lokal, contohnya dr soap dan Herborist di Tokopedia, terus beroperasi secara online,” ujarnya, Senin (31/3/2020).

Ekhel Chandra Wijaya menambahkan, dengan demikian para kreator lokal produk kesehatan di Tokopedia, seperti dr soap dan Herborist, ternyata berperan aktif melawan COVID-19.

“Tidak hanya berjuang memutar roda perekonomian digital, mereka juga merasa memiliki tanggung jawab sosial untuk terus meningkatkan produksi demi memenuhi kebutuhan masyarakat akan produk kesehatan, terutama di tengah pandemi virus corona,” tambahnya.

Salah satu kreator lokal, dr soap melalui foundernya, Eunike Selomith mengatakan, menanggapi isu kesehatan COVID-19 yang saat ini terjadi, ia melihat penjualan produk dr soap melonjak signifikan.

“Cairan pembersih gadget, hand sanitizer atau cairan antiseptik dan pembersih multifungsi termasuk beberapa produk dr soap yang paling banyak dicari masyarakat belakangan ini,” ujar Eunike.

Hal yang sama juga disampaikan kreator lokal lain, Herborist. COO PT Victoria Care Indonesia, Sumardi Widjaja mengatakan, di tengah pandemi COVID-19, Herborist berinisiatif memulai produksi hand sanitizer dengan harga terjangkau.

“Melihat perkembangan COVID-19 di Indonesia, kami menggerakkan 2/3 tim produksi untuk fokus membuatnya secara massal demi membantu masyarakat mendapatkan produk kesehatan dengan mudah,” ujarnya.

Herborist juga berkolaborasi dengan Pemprov Jateng untuk menyalurkan bantuan berupa 5.000 liter hand sanitizer kepada instansi kesehatan, seperti puskesmas.

Saat ini, masyarakat bisa mendapatkan produk kesehatan dr soap dan Herborist melalui Official Store di Tokopedia. Demi mempermudah masyarakat mendapatkan produk kesehatan dan kebutuhan pokok lain sesuai kebutuhan dan lebih efisien, Tokopedia mengadakan kampanye Peduli Sehat dan Lengkapi Persediaan Rumah. Masyarakat juga bisa memanfaatkan Bebas Ongkir agar lebih efisien. (ot/mj)