SEMARANG, Mediajateng.net – Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) reguler ke 99 tahun anggaran 2017, dilakukan di wilayah Kodim 0733/BS Semarang.

Pembangunan seperti pembukaan akses jalan baru dilaksanakan di wilayah Kelurahan Kalisegoro, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang.

Pembangunan akses jalan kelurahan dengan panjang 180 meter dan 150 meter, dilakukan untuk memudahkan warga.

“Akses jalan dengan panjang 180 meter selama ini menghubungkan Rt 1 dan Rt 2, RW 2 dukuh Genteng Kelurahan Kalisegoro. Akses jalan, sebelum dibuka dalam program TMMD, sebenarnya tidak jauh namun jalan sangat menanjak, jadi truk material maupun angkutan barang tidak bisa merapat ke perkampungan,” ungkap Komandan Kodim 0733/BS Semarang, Dandim Letkol inf M Taufik Zega, Jumat (14/7).

Karena jalan sempit dan menanjak, maka ketika membeli material harus melakukan langsiran lantaran barang harus diturunkan di tengah jalan.

“Tanjakanya sangat terjal, jadi diturunkan jalan terus dilangsir. Setelah dibuka maka kendaraan bisa sampai ke rumah warga,” tambahnya.

Sedang, jalan dengan panjang 150 meter yang menjadi program pembukaan akses wilayah Genteng, Kelurahan Kalisegoro merupakan akses utama yang dibutuhkan ketika warga hendak memakamkan tetangga yang meninggal.

“Akses keduamerupakan jalan menuju ke komplek Pemakaman Umum. “Akses jalan akan dibuka jalan dengan lebar 3 meter. Target TMMD tahun 2017 awalnya hanya membuka akses jalan,” tambahnya.

“Setelah dibuka, Kodim melakukan koordinasi bersama PU dan masyarakat sehingga saat ini dilapangan sudah disediakan material untuk dilakukan perkerasan,” tambah Dandim Letkol inf M Taufik Zega. (MJ-030)