SEMARANG, Mediajateng.net, – Untuk meningkatkan profesionalitas dosen, Sekolah Vokasi Undip mengadakan pelatihan menulis buku ajar bagi dosen yang diikuti oleh 30 dosen di lingkungan Sekolah Vokasi Undip, Jumat-Sabtu (13-14) di Hotel Grand Wahid Salatiga.

Dalam pelatihan buku ajar tersebut hadir sebagai pemateri yaitu Ketua LP2MP Undip Prof.Ir. Edy Rianto, Dr.Ir. Subandiyono, Dr. Bambang Cahyono dan Dr. Aris Triwiyatno.

Materi yang diberikan para pemateri dalam pelatihan buku ajar diantaranya terkait dengan Konsep Dasar / Hakekat Bahan Ajar, perlunya dosen mengembangkan Bahan Ajar, tujuan dan manfaat Penyusunan Bahan Ajar, Jenis-jenis Bahan Ajar, Struktur dan Format Buku Ajar, Metode Penyusunan Buku Ajar, Pengembangan Isi Buku Ajar, Penyusunan Pengembangan Isi Buku Ajar serta Pengantar Desain dan Layout Buku Ajar.

Dekan Sekolah Vokasi Undip Prof. Budiyono dalam sambutannya mengatakan, dengan adanya pelatihan buku ajar ini tentunya sebagai sarana untuk mendorong dan memberikan fasilitas secara penuh kepada dosen yang ingin berkontribusi pada dunia literasi.

“Sehingga diharapkan dapat membantu calon penulis untuk segera menerbitkan buku-bukunya. Buku ajar ini akan memiliki ISBN dan diregisterkan sehingga akan meningkatkan jumlah Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) Sekolah Vokasi,” katanya.

Prof. Budiyono menambahkan dengan mengikuti kegiatan ini nantinya diharapkan para dosen di Sekolah Vokasi Undip dapat memberikan andil di dunia pendidikan tinggi dengan cara menerbitkan buku ajar dan buku referensi.

Acara yang berlangsung di Hotel Grand Wahid ini berlangusung sangat interaktif, peserta merasa perlu untuk mendapatkan pelatihan dan informasi trik and tips menulis juga menerbitkan buku ajar. (ot/mj)