BANJARNEGARA, Mediajateng.net – Setelah lolos memenuhi persyaratan, Kabupaten Banjarnegara akhirnya terpilih menjadi tuan rumah pusat pelatihan bagi timnas sepakbola putri U 16. Dengan demikian, tim yang akan berlaga di AFC (Asian Football Confederation) itu akan berlatih selama sebulan di Banjarnegara.
Menurut Timnas Dewasa Papat Yunisal, Banjarnegara dipilih menjadi pusat pelatihan karena dinilai memenuhi syarat.
“Banjarnegara memiliki tempat latihan dan faslitas yang memadai. Sehingga atlet bisa meningkatkan performa ketika berlaga di Kirgistan September mendatang,” kata dia, Minggu (29/7).
Papat mengatakan, fasilitas yang memadai ini akan memudahkan para atlet menjalani terapi, refresing dan pemulihan. Suasananya pun kata dia, sangat tenang sehingga atlet bisa fokus menjalani latihan.
“Pemilihan Banjarnegara setelah melalui survei ke beberapa daerah. Disini pemerintah daerahnya juga mensupport. Jadi akhirnya pemilihan pemusatan latihan dilakukan di Banjarnegara,” paparnya.
Pada AFC ini, Indonesia berada di grup D. Bersama dengan Australia, Taiwan, Kirgistan dan Palestina. Dia menyebut targetnya, setidaknya bisa lolos fase grup.
Menanggapi hal tersebut, Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono menyambut baik timnas yang akan berlatih di Banjarnegara. “Kami memang sedang berupaya memajukan olah raga. Ini kedatangan rombongan timnas yang akan berlatih di Banjarnegara. Tentu kami sangat senang, ” urainya.
Menurut dia, dengan menjadi tuan rumah latihan timnas nama Banjarnegara ikut terangkat. “Timnas ini merupakan tim yang membela Indonesia di kancah International. Kami sangat mendukung,” lanjutnya.  (otong/ml)