Tiga Tenaga Kerja Asing Ditangkap Petugas Imigrasi Semarang

Semarang,Mediajateng.net-Tiga Tenaga Kerja Asing ditangkap oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jawa Tengah saat sidak di pabrik triplek PT. Inosia, Jalan Industri Barat, Kecamatan Genuk, Kota Semarang, Rabu (18/1) sore jelang petang.

Dari keyerangan Kepala Kanwil Kemenkun Ham Jawa Tengah Bambang Sumardiono mengungkapkan, mereka ditangkap bernama Mr Ling Zong Hai, Mr Duk, keduanya dari China. Sementara Mr Awi berasal dari Malaysia. Saat ditangkap ketiganya sudah tiga bulan tinggal di lokasi tersebut.

“Saat diperiksa mereka tidak bisa menunjukkan dokumen. Jadi kami bawa ke kantor untuk pendalaman lebih lanjut,” Ujar Bambang.

Dari pantauan di lokasi, pabrik tripllek bergerbang besar, didalam masih terlihat kayu-kayu gelondongan maupun yang sudah dipotong jadi papan. Namun, di sana tidak ada aktivitas kerja saat petugas melakukan sidak. Tiga TKA yang dibawa petugas itu tinggal di lantai dua.

Dari keterangan Apong (65) warga magelang yang merupakan sopir pribadi di pabrik triplek juga mengatakan bahwa sudah 1 bulan pabrik ini tidak beroperasi.

“Ketiga tenaga kerja asing itu disini sudah tiga bukan. Mereka jadi Teknisi,” imbuh Apong

Dalan sidak tersebut selain Bambang Sunardiono didampingi Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah, M Diah, dan beberapa petugas lain, termasuk dari Kantor Imigrasi Semarang juga ikut melakukan sidak. (MJ-303)

Comments are closed.