Tiga Hari Lagi, Festival Dalang Muda Sobokarti

1

SEMARANG, Mediajateng.net – Paguyuban Seni Budaya Sobokarti Semarang akan menggelar Festival dalang Semarang pada 24 – 30 April mendatang. Kegiatan ini rencananya akan diikuti 40 dalang dari Semarang dan luar Semarang.
Selain festival dalang, panitia acara juga akan menyelenggarakan lomba mewarnai wayang, lomba tari, dan juga dimeriahkan pameran wayang, pemeran batik dan pemeran keris.
Ketua Soborkarti Semarang, Tjahjono Rahardjo mengatakan bahwa festival wayang akan diselanggarakan dengan konsep parade dalang. Acara dimulai pukul 13.00 – 22.00 WIB, dan dibagi menjadi dua kategori, yakni kelompok dalang usia SD – SLTP dan kelompok usia SLTA – dewasa. “Acara ini akan dibuka dengan pertunjukan wayang semalam suntuk dengan mengadirkan dalang Ki Sigit Ariyanto, juga ada kegiatan lainnya lomba tari tradisional,” katanya, kemarin.
Selain bisa melihat pertunjukan wayang, pengunjung bisa menikmati pemeran keris, batik dan masih banyak lagi. Pengunjung pun bisa belajar untuk membuat wayang dan batik secara gratis. “Kita ingin mencari dalang muda sebagai bentuk regenerasi, sekaligus mengajak masyarakat untuk nguri-uri kebudayaan yang ada,” jelasnya.
Ketua Panitia Acara, Supono menambahkan event ini merupakan salah satu bentuk tanggungjawab Sobokarti untuk melestarikan budaya di Kota Semarang khususnya dan Jawa Tengah pada umumnya. “Kegiatan seni harus terus dijaga dan dilestarikan agar tidak punah. Even ini adalah suatu ajang apresiasi ekspresi karya-karya pelaku seni budaya yang adiluhung,” tambahnya. (069)

1 KOMENTAR

Comments are closed.