DEMAK, Mediajateng.net – Rombongan Kirab Pemuda 2018 memasuki Kabupaten Demak, Sabtu (20/10/2018) pagi. Kirab Pemuda merupakan agenda nasional dalam menyongsong Hari Sumpah Pemuda yang diselenggarakan oleh Kementrian Pemuda dan Olah Raga Republik Indonesia. Kabupaten Demak sendiri merupakan salah satu titik singgah rute Zona dua.

Sebanyak 75 peserta Kirab Pemuda 2018 yang terdiri dari pemuda – pemudi pilihan dari 34 provinsi itu, tiba di wilayah Kecamatan Sayung yang merupakan titik terluar di wilayah Demak yang berbatasan dengan Kota Semarang.

Rombongan yang datang menggunakan dua armada bus tersebut, disambut langsung oleh Kepala UPTD Dikbud Kecamatan Sayung, Bambang Sutarto dan Camat Sayung, Sugeng Mujiono, dengan upacara pengalungan bunga kepada perwakilan peserta , sebagai bentuk penghormatan selamat datang di Kota Wali.

“Terimakasih, kami kedatangan dari pemuda – pemudi tangguh dari seluruh kawasan NKRI. Ini suatu penghormatan bagi kami. Saya berharap pertemuan kali ini bisa membangun jiwa muda yang luar biasa. Saya bisa merasakan betul lelah dan penat pasti mendera adik-adik semua. Namun saya tidak melihat ada yang mengantuk ataupun lelah. Mohon maaf bila dalam sambutan dan kemasan masih ada kekurangan,” kata Sugeng.

Sugeng menambahkan, Kirab Pemuda memiliki nilai strategis demi masa depan bangsa dengan tujuan utama untuk meningkatkan persatuan dan patriotisme pemuda yang selaras dengan Bhinneka Tunggal Ika.

“Saya berharap , kalian para pemuda pilihan ini, dapat menjadi contoh dan corong perubahan bagi masa depan Indonesia,” katanya.

Napak Tilas

Seusai acara penyambutan di Sayung yang juga dimeriahkan dengan tari – tarian dan Drumband SMP Da’arut Tahfidz, Karangasem, Sayung, rombongan Kirab Pemuda nasional itu, selanjutnya menuju ke Kota Demak. Sebanyak 25 jeep disediakan untuk membawa rombongan , dengan pengawalan Patwal Satlantas Polres Demak.

Sesampai di Kota Demak, para peserta Kirab Pemuda selanjutnya mengikuti acara Napak Tilas Kebhinnekaan dengan mengunjungi Masjid Agung Demak dan Makam Sunan Kalijaga. Di dua ikon wisata religi Kabupaten Demak tersebut, selain berziarah peserta Kirab Pemuda juga melaksanakan Tahlil dan doa bersama untuk keselamatan bangsa. Selesai doa, rombongan kemudian transit di kediaman Setda Kabupaten Demak.

Kirab Budaya

Selepas acara napak tilas, dalam rangka menyambut kontingen Kirab Pemuda, Pemerintah Kabupaten Demak menggelar kegiatan Kirab Budaya yang diikuti oleh sebanyak 25 tim. Adapun peserta Kirab Budaya tersebut terdiri dari perwakilan pelajar SMA / SMK se Kabupaten Demak, KNPI Demak, Fatayat NU Demak, Pemuda Pancasila Demak, Saka Bhayangkara serta sejumlah sanggar seni. Pawai Kirab Budaya yang diikuti sebanyak 500 peserta itu, menempuh rute perjalanan mulai dari rumah dinas Setda Demak – Jalan Pemuda – Pasar Bintoro Demak – Kodim 0716 Demak dan finish di depan Pendopo Demak.

Di Pendopo Demak, rombongan peserta Kirab Pemuda 2018 disambut baik oleh Bupati Demak, M Natsir beserta jajarannya.

“Selamat datang di Kota Wali. Tebarkan kebhinnekaan di negeri ini. Terus kembangkan potensi kalian. Negeri ini cukup beragam, terus gali budaya dan saling tukar pikiran dengan budaya lainnya. Ajak pemuda Indonesia tidak hanya tinggal diam saja, tapi ajak mereka untuk bangun bangsa ini,” tutur Bupati Natsir.

Setelah Kirab Budaya selesai, acara dilanjutkan dengan pembukaan Pameran Kreatif Pemuda oleh Bupati Demak , M Natsir. Kemudian Bupati Natsir mengajak peserta Kirab Pemuda untuk berkeliling melihat stand pameran yang memamerkan aneka macam hasil kerajinan , hasil kreasi para pemuda Demak.