SEMARANG,Mediajateng.net– Pemberantasan Narkoba yang dicanangkan Presiden Joko Widodo terus digalakan dan tidak pandang bulu.Sedikitnya 54 polisi dari berbagai daerah dikirim ke RS Bhayangkara Kota Semarang untuk dilakukan rehabilitasi karena terbukti menjadi pecandu narkoba, termasuk dari Polres Magelang, yang saat tes urine beberapa waktu lalu terdapat 25 polisi positif menggunakan sabu-sabu.

Dari Pantauan di RS Bhayangkara Semarang, Senin (18/4/2016), terlihat beberapa orang berseragam dinas diangkut dalam bus ber- plat nomor Polisi dan membawa tas, sementara petugas Provos dari Bidang Profesi dan Pengamanan (Propam) Polda Jawa Tengah melakukan penjagaan. Mereka dikawal menuju ke suatu ruangan di komplek Rumah Sakit tersebut.

“Ini lagi ngawal yang dari Magelang (rehabilitasi),” kata salah satu petugas Provost.

Kepala Bidang Dokkes Polda Jawa Tengah, Kombes Pol Rini Muliawati, saat dikonfirmasi membenarkan adanya rehabilitasi untuk para oknum polisi itu.

“Jumlah total Polisi kurang lebih 54 orang, mereka direhab secara bertahap. Sekali tahapan 16 orang,” ungkap Rini.

Selain Polisi, Unit Rehabilitasi Narkoba RS Bhayangkara Semarang juga merehab belasan dari warga sipil. Kombes Rini menyebut, rehabilitasi yang dilakukan ini sudah tahap ke 2, “tambahnya.

Mereka yang direhabilitasi, mendapat pendampingan dari Tim Assessment Terpadu (TAT). Tim ini terdiri dari bidang medis dan hukum, terdiri atas dokter, polisi hingga jaksa. Mereka memeriksa, seseorang yang tersangkut kasus penyalahgunaan narkoba apakah murni pengguna atau lebih dari itu. Di Jawa Tengah, TAT diketuai Brigjen Pol Amrin Remico yang juga menjabat Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Tengah.

Dikondirmasi terpisah Amrin tidak membantah adanya puluhan polisi yang direhabilitasi karena terlibat penyalahgunaan narkotika, khususnya sabu. Saat disinggung masih banyaknya oknum polisi yang tersangkut kasus tersebut Amrin membenarkan.

“Benar, direhabnya di RS Bhayangkara, tidak di sini. Assessment dari kita,” katanya saat ditemui di Kantornya.(MJ-303)

Comments are closed.