Terindikasi Pernah Menjabat, Bawaslu Coret 15 Calon PPS

0

Semarang, Mediajateng.net,  –  Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Semarang mencoret 15 nama calon Panitia Pemungutan Suara (PPS). Rekomendasi ini dikeluarkan karena mereka teridentifkasi diduga pernah menjabat panitia PPS selama dua periode atau lebih secara berturut-turut pada pemilu sebelumnya.

“Rekomendasi ini berdasarkan hasil pengawasan Panwaslu Kecamatan menyandingkan dengan dokumen SK PPS yang dikeluarkan oleh KPU kota Semarang pada pemilu sebelumnya,” ujar Nining Susanti, Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu kota Semarang.

Lebih lanjut Nining menambahkan, 15 calon PPS ini tersebar di 7 (tujuh) kecamatan. Mereka tersebar di Semarang Timur, Banyumanik, Candisari, Genuk, Gunungpati, Semarang Tengah dan Tembalang.

“Tujuan dari rekomendasi ini adalah untuk menjaga profesionalitas dan menghindari konflik kepentingan pada penyelenggaraan Pilkada 2020,” katanya.

Pada kesmepatan yang sama, Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu Kota Semarang, Naya Amin Zaini, menyatakan apresiasinya atas surat  jawaban yang dikirimkan oleh KPU kota Semarang.

“Nama-nama yang kita rekomendasi sudah dilakukan pengecekan ulang dan klarifikasi kepada yang bersangkutan oleh KPU kota Semarang dan dinyatakan tidak lolos pada pengumuman hasil seleksi tertulis, kecuali untuk calon PPS yang tidak hadir pada saat klarifikasi “ ujarnya Naya. (ot/mj)