SEMARANG, Mediajateng.net – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat tingkat pengangguran terbuka (TPT) pada sarjana sebesar 6,22% periode Febuari 2016 atau meningkat bila dibanadingkan Febuari 2015 sebesar 5,34. Seiring dengan bertambahnya jumlah tamatan universitas maka dapat dipastikan tingkat pengangguranpun akan semakin meningkat.

Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan meningkatkan minat kewirausahaan. Hal tersebut pula yang akan dilakukan mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi, Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi Universitas PGRI Semarang melalui mata kuliah yang mempelajari berbisnis (agrobisnis), yaitu melalui kegiatan expo.  “Tujuan utama dengan Kegiatan Expo Agrobisnis tema Be Creative and Innovative kali ini adalah untuk memenuhi prasyarat mata kuliah Agrobisnis di Prodi Pendidikan Biologi, Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi Universitas PGRI Semarang dan untuk menghasilkan dan meningkatkan enterpreneurship yang mampu mengembangkan usahanya dengan ide – ide kreaktif dan inovatif dengan memanfaatkan potensi – potensi yang ada di lingkungan sekitar,” kata Wisnu Indra Kusuma, salah satu panitia.
Pada stand Expo kali ini terdapat 19 stand yang diusung menjadi 5 bidang yaitu berbahan limbah, bernilai rendah, inovasi produk, inovasi produk dan handycarf. “Rencana expo akan dilaksanakan pada tanggal 21-22 Oktober 2016, dari pukul 08.00-16.00 di Depan Ruang VIP Balairung, Universitas PGRI Semarang,” kata dia.
Dalam expo kali ini diadakan pula lomba antar peserta yang memiliki kreteria penilaian meliputi 3 kategori yaitu yang memiliki stand terbaik, terlaris, dan terfavorit serta doorprize. (MJ-017)

Comments are closed.