Teliti Brayan Ngamal dan The Plegia, Peneliti BanjarnegaraTembus Internasional

Banjarnegara, mediajateng.net – Tiga peneliti asal Banjarnegara drg.Amalia Rahmaniar Indrati, dr. Agus Ujianto SpB, dari RSI Banjanegara dan Dr. Tuswadi Politeknik Banjarnegara berhasil membawa hasil penelitiannya tembus ke kancah internasional dalam ajang Humboldt Kolleg Urban  Partnership Melting Pot 2022. Ketiganya melakukan penelitian terhadap komunitas kesehatan dan sosial Brayan Ngamal dan The Plegia di Banjarnegara di saat pandemi.
 
drg Amalia Rahmaniar mengatakan, penelitian yang dilakukan di antaranya mengenai cara partisipasi relawan kesehatan, salah satunya yang dikelola oleh Rumah Sakit Islam Banjarnegara. Dengan adanya komunitas relawan Kesehatan The Plegia dan Brayan Ngamal, masyarakat di daerah terpencil di Kabupaten Banjarnegara dapatmemperoleh informasi dan pelayanan kesehatan yang memadai. 
 
“The Plegia bergerak sebagai relawan yang berfokus pada pasien lumpuh dan Brayan Ngamal yang bergerak dalam bidang sosial masyarakat dan kesehatan. Keduanya memiliki visi dan misiuntuk mendekatkan pelayanan Kesehatan pada masyarakat didaerah terpencil yang sulit terjangkau,” kata Amalia Selasa (18/1/2022). 
 
Dengan adanya dua komunitas relawan Kesehatan ini,masyarakat Banjarnegara merasa terbantu sehingga tidak merasakebingungan untuk mecari pelayanan Kesehatan yangterpercaya. “Dengan dibantu oleh The Plegia dan BrayanNgamal, pasien-pasien dapat berobat ke Rumah Sakit IslamBanjarnegara,” sebutnya,
 
Untuk diketahui, Urban Partnership Melting Pot merupakan bagian dari kerja sama Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) Jakarta dengan Humboldt Kolleg Jerman yang bertujuan memperkuat jaringan kerja sama profesional di tingkat regional antar alumni (Humboldtians).
 
Sekaligus memperkenalkan serta meningkatkan minat dan semangat peneliti muda terhadap program Alexander von Humboldt Foundation (AvH). 
 
Yayasan ini mengedepankan visi kolaborasi antar negara dengan Jerman sebagai lokasi penelitian. Kegiatan Humboldt Kolleg diprakarsai oleh para alumni (Humboldtians) atau asosiasinya dan didukung secara finansial oleh AvH. 
 
Humboldt Kolleg telah diadakan di berbagai negara di luar Jerman (Amerika Serikat, Prancis, Italia, Polandia, Nigeria, Kenya, Afrika Selatan, Cina, India, dan lain-lain).
 
Pesertanya adalah alumni program AvH dan peneliti muda yang telah memberikan kontribusi nyata bagi perkembangan ilmu pengetahuan.
 
Tema-tema hasil penelitian yang terseleksi pada kegiatan 17-20 Januari 2022 ini meliputi Urban Growth Pattern, transformation, and resilience, Urban Mobility and Internet of Things dan Social, health, education, environment, and economic development. (MJ/50)