Tarian Dolanan Obati Kejenuhan Penumpang Tunggu Kereta

0
60

SEMARANG, Mediajateng.net – Puluhan penari anak-anak dari Sanggar Sekar Taman Semarang berhasil menghibur para penumpang kereta api di Stasiun Tawang. Para penumpang tidak bosan menunggu kedatangan kereta karena kemerihaan dan keceriraan anak-anak mementaskan sejumlah tarian dan dolanan anak.

Menurut Executive Vice President (EVP) PT KAI Daop 4 Semarang, Mohamad Nurul Huda Dwi Santoso, penampilan Tari Dolanan Nusantara dilakukan untuk mengisi kegiatan selama libur Masa Angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, mulai dari 22 Desember 2019 hingga 5 Januari 2020.

Sajian hiburan ini kata dia, sebagai bentuk wujud pelayanan yang lebih kepada masyarakat pengguna jasa kereta api. Selain itu memberikan kesempatan bagi ruang kesenian dan kebudayaan, sehingga seniman asal Semarang mampu menampilkan kreativitasnya. Apalagi, tambah dia, kawasan Kota Lama telah dikenal dengan kebudayaan bangunan heritage-nya.

“Tarian Dolanan Nusantara ini merupakan bagian untuk menguri-uri budaya tradisional. Sekaligus untuk menunjukkan, jika kami peduli dengan even-even kesenian dan kebudayaan. Kami selanjutnya tengah mengupayakan untuk menjalin kolaborasi lebih lanjut untuk mengakomodir kegiatan-kegiatan seperti ini,” kata dia, saat meninjau hari terakhir Masa Angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, di Stasiun Semarang Tawang, Minggu (5/1)

Lebih lanjut, Huda menyatakan jika nantinya even kesenian dan kebudayaan seperti Tari Dolanan Nusantara tersebut, tidak hanya akan ditampilkan pada saat momen-momen tertentu saja. Melainkan akan menjadi lebih rutin, dengan memberikan penjadwalan dan tempat khusus di Stasiun Tawang Semarang.

Sementara itu, Ketua dan Pemilik Sanggar Sekar Taman, Djuni Noor Setiati, mengungkapkan, tari-tarian yang disajikan bervariasi. Beberapa diantaranya yakni Tari dari Kalimantan, Aceh, Betawi, dan lain sebagainya.

“Even tersebut dibagi dalam beberapa bagian, karena penari harus tampil setiap hari selama dua pekan. Untuk itu, 50 penari yang terlibat diminta tampil secara bergiliran,” tambahnya. (ot/mj)