Grobogan, Mediajateng.net – Ratusan pelajar yang terdiri dari tingkat SMP, SMA dan SMK di Kabupaten Grobogan turut memeriahkan peringatan HUT Ke 73 TNI yang dipusatkan di Lanumad Ahmad Yani, Semarang, (5/10/2018). Mereka menampilkan tari kolosal yang diambil dari kisah perjuangan pahlawan asal Kabupaten Grobogan, Nyi Ageng Serang.

Ratusan pelajar tersebut merupakan Duta Kodim 0717/Purwodadi yang ditunjuk menampilkan kisah kepahlawanan dan budaya asli Kabupaten Grobogan.

Terutama dalam kisah perjuangan Nyi Ageng Serang. Sejak Rabu (3/10/2018), ratusan pelajar ini sudah berada di Semarang untuk melakukan gladi resik. Dengan harapan, mereka dapat menampilkannya dengan baik di hadapan tamu undangan.

Pemilihan tari kolosal yang diambil dari figur Nyi Ageng Serang ini dikarenakan Nyi Ageng Serang merupakan pahlawan wanita yang berhasil mengusir penjajah Belanda dari wilayah Nusantara. Selain itu, berbagai macam kebudayaan asal Kabupaten Grobogan ditampilkan untuk memperkenalkan identitas Kabupaten Grobogan di hadapan para tamu undangan.

Kapten Inf Sunoto, koordinator sendratari kolosal Nyi Ageng Serang mengatakan, ratusan pelajar ini sebelumnya sudah berlatih dan mempelajari dalam bentuk sosiodrama. Namun, rencana tersebut berubah menjadi bentuk tari kolosal setelah diadakan pemaparan langsung oleh Dandim 0717/Purwodadi, Letkol Arm Teguh Cahyadi di Kodam IV/Diponegoro beberapa waktu lalu.

Meski waktu mendesak, namun pihaknya tetap mengadakan latihan berupa tari kolosal dengan mengambil pemain baru.

“Namun berkat kerjasama dengan para guru serta para seniman dari sanggar yang ada di Grobogan, kami bisa menampilkan tari kolosal,” kata Kapten Inf Sunoto.(Ag-MJ)